Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

-

Jakarta

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh ke lautan di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin. Ini merupakan kecelakaan udara fatal kedua dalam tiga bulan.

Angkatan Udara Taiwan menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (29/10/2020), Pilot Chu Kuang-meng loncat keluar dari jet tempur F-5E setelah melaporkan kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas.

Pria berusia 29 tahun itu berhasil diangkat dari laut dalam keadaan tidak sadarkan diri, tetapi nyawanya tidak tertolong.

Kecelakaan itu terjadi di saat Angkatan Udara Taiwan dipaksa untuk menghadapi tingkat penyusupan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke zona pertahanannya oleh jet-jet tempur China.

Beijing memandang Taiwan yang berpemerintahan sendiri sebagai wilayah China dan telah bertekad suatu hari akan merebutnya kembali, bahkan jika perlu dengan kekerasan.

F-5E adalah pesawat tempur generasi tua dengan desain yang dibuat sejak 1960-an.

Kepala Staf Angkatan Udara Huang Chih-wei mengatakan kepada wartawan bahwa semua pesawat tempur F-5 kini dilarang terbang untuk pemeriksaan keamanan usai kecelakaan pada Kamis (29/10) itu.

Sebelumnya pada bulan Juli, dua awak tewas dalam kecelakaan helikopter ketika militer Taiwan mengadakan latihan, termasuk latihan yang mensimulasikan serangan pantai dari China.

(ita/ita)

Share this article

Recent posts

AS Janji Bela Filipina dalam Konflik, China Berang

Kedutaan Besar China di Filipina melontarkan kecaman terhadap AS setelah negara itu berjanji membela Filipina jika diserang dalam sengketa Laut China Selatan.

Ada Kasus Corona di Bandara Shanghai, Puluhan Ribu Staf Dites Massal

Puluhan ribu staf di bandara Shanghai, China, menjalani tes virus Corona (COVID-19) secara massal setelah terdeteksi wabah kecil di kalangan pegawainya.

Rentetan Serangan Roket di Afghanistan di Tengah Perundingan Damai

Rentetan serangan roket menghantam wilayah Kabul bagian tengah di Afghanistan. Serangan dilancarkan ketika perundingan damai sedang dalam proses.

Kembali Cetak Rekor Tertinggi, AS Catat 195 Ribu Kasus Corona Sehari

AS mencatat lebih dari 195 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir. Angka ini mencetak rekor baru untuk lonjakan kasus tertinggi dalam sehari.

Coba Bocorkan Rahasia Militer ke CIA, Pria Rusia Dibui 13 Tahun

Pengadilan Rusia menjatuhi vonis 13 tahun penjara terhadap seorang warganya yang berupaya membocorkan rahasia militer kepada CIA.

Popular categories

Recent comments