Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

-

Washington DC

Lebih dari 70 juta warga Amerika Serikat (AS) telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun ini. Angka tersebut telah melebihi separuh dari total jumlah pemilih dalam pilpres tahun 2016 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/10/2020), pemungutan suara nasional akan digelar serentak pada digelar 3 November mendatang. Masih ada waktu satu minggu sebelum pilpres digelar dan jumlah total pemilih diprediksi mencetak rekor tertinggi dibandingkan sebelumnya.

Banyaknya warga AS yang telah mengikuti pemungutan suara awal menunjukkan minat yang kuat dalam pertempuran antara kandidat petahana Presiden Donald Trump dan penantangnya, Joe Biden, calon presiden (capres) dari Partai Demokrat.

Tingginya angka pemilih untuk early voting juga menunjukkan keinginan warga AS untuk mengurangi risiko tertular virus Corona (COVID-19) mengingat pandemi masih merajalela. Diketahui bahwa pemungutan suara serentak terkadang melibatkan kerumunan banyak orang dan antrean panjang di tempat pemungutan suara.

Penghitungan US Elections Project, yang memantau pemungutan suara, menyatakan bahwa hingga Selasa (27/10) waktu setempat, sudah lebih dari 70 orang yang memberikan suaranya lebih awal dalam early voting, yang bisa dilakukan secara langsung atau melalui pos dan kotak-kotak drop box di beberapa lokasi.

Angka tersebut telah melampaui data tahun 2016 yang menyebutkan 47 juta orang menggunakan hak pilih lebih awal.

Tingginya jumlah pemilih untuk early voting membuat profesor Universitas Florida, Michael McDonald, yang mengelola US Elections Project, memprediksi rekor partisipasi pemilih AS untuk pilpres tahun ini akan mencapai sekitar 150 juta orang. Angka itu mewakili 65 persen dari total jumlah warga AS yang berhak menggunakan hak pilih. Jika prediksi itu benar, maka AS akan mencatatkan jumlah total pemilih tertinggi sejak tahun 1908 silam.

Dalam early voting tahun ini, Partai Demokrat disebut memiliki keuntungan signifikan karena mendukung dan mendorong pendukungnya menggunakan surat suara via pos. Partai Republik sebenarnya secara historis mencatatkan banyak suara dari pemungutan suara via pos, namun Trump, tanpa memberikan bukti, berulang kali menuding sistem suara suara via pos rawan penipuan dan kecurangan.

Secara keseluruhan, Partai Demokrat memilik keunggulan dua dibanding satu dalam jumlah pemilih untuk early voting. Namun, Partai Republik dalam beberapa pekan terakhir telah memperkecil selisih jumlah pemilih untuk early voting.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Viral Ambulans Dihalang-halangi Sedan di Tangsel, Polisi Selidiki

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan ambulans yang sedang melintas dihalang-halangi oleh mobil sedan. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Pamulang, Tangerang Selatan. Dalam video tersebut, tampak sebuah mobil sedan berwarna biru tua melaju di jalur sebelah kanan jalan dan menghalangi ambulans. Mobil itu pun tampak tidak mengerem maupun mengurangi kecepatan.

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Popular categories

Recent comments