Raja Malaysia Tolak Tetapkan Keadaan Darurat, PM Muhyiddin Didesak Mundur

-

Kuala Lumpur

Perdana Menteri (PM) Malaysia, Muhyiddin Yassin, menghadapi seruan mundur setelah Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong, Al-Sultan Abdullah, menolak permintaannya untuk menetapkan keadaan darurat demi memerangi pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters, Senin (26/10/2020), seruan mundur itu berasal dari partai politik anggota koalisi pemerintahannya sendiri. Penolakan Sultan Abdullah terhadap permintaan PM Muhyiddin memicu keraguan soal kepemimpinannya atas Malaysia.

Diketahui bahwa pekan lalu, PM Muhyiddin meminta Sultan Abdullah menetapkan keadaan darurat di tengah lonjakan kasus baru Corona di Malaysia dan perekonomian yang dihantam pandemi global. Namun para pengkritik menuduhnya sengaja memanfaatkan situasi untuk menangguhkan parlemen dan menghindari ujian terhadap dominasinya yang tipis atas parlemen Malaysia.

Penolakan Sultan Abdullah untuk mengabulkan permintaan PM Muhyiddin semakin mengikis cengkeramannya pada kekuasaan. Terlebih sebulan sebelumnya, pemimpin oposisi, Anwar Ibrahim, mengklaim mendapat dukungan mayoritas di parlemen, termasuk para pembelot dari koalisi partai berkuasa, untuk membentuk pemerintahan baru.

Saat mengumumkan penolakan terhadap permintaan PM Muhyiddin pada Minggu (25/10) waktu setempat, Sultan Abdullah juga meminta para politikus Malaysia untuk mengakhiri permainan politik yang bisa mendestabilisasi pemerintah, yang menurutnya telah menangani pandemi Corona dengan baik.

Namun para pemimpin partai politik dalam koalisi pemerintahan PM Muhyiddin mengkritik langkahnya untuk meminta penetapan keadaan darurat dan mendesaknya untuk mengundurkan diri setelah upaya itu gagal.

Share this article

Recent posts

Pebalap Indonesia Dapat Poin di GP Prancis, Ini Kata Ketua MPR

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengaku bangga terhadap kerja keras pebalap muda Indonesia, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang. Pasalnya, Andi sukses meraih 1 poin usai finis di posisi 15 Moto3 GP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans.

Skema Untuk Memenangkan Lotre – Bermimpi Besar, Mudah Bermimpi!

Tiket Data HK dengan diperoleh dengan kebiasaan ini biasanya bernilai jauh lebih permulaan daripada nilai pertemuan. Ini akan menghasilkan peluang Anda guna...

Polisi Kaji Peniadaan Jalur Sepeda Permanen, DKI Pastikan Tetap Lanjut

Polisi mengkaji peniadaan jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut pembangunan jalur sepeda akan terus berlanjut. "Jalur sepeda tetap akan dilanjutkan pembangunannya," ujar Syafrin, di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek Km 34, Bekasi, Minggu (16/5/2021).

Kesukaan Hiburan untuk Celah Permainan Anda

Kemasyhuran besar pool Hong Kong telah menciptakan industri yang maju pesat. Tidak ada tempat lain dalam dunia ini yang memiliki olahraga setenar...

Jawaban Lotere – Tumpuan dan Fakta Lazim Tentang Lotere

Jagat selalu menjadi produk lotere; kebanyakan orang2 akan dengan mudah mengakui bahwa tersebut pernah ingin memenangkan lotre pada satu waktu atau yang...

Popular categories

Recent comments