Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

-

Delaware

Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan bahwa vaksin virus Corona (COVID-19) akan digratiskan untuk seluruh warga Amerika jika dirinya terpilih menjadi Presiden AS selanjutnya dalam pemilihan presiden (pilpres) 3 November mendatang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (24/10/2020), dalam pidato di Wilmington, Delaware, Biden menjelaskan rencana daruratnya dalam memerangi Corona. Dia menegaskan jika terpilih menjadi Presiden AS, maka pemerintahannya akan fokus mengatasi pandemi Corona dan membantu warga Amerika yang berjuang dengan pembiayaan.

“Begitu kita memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang — baik Anda memiliki asuransi atau tidak,” cetus Biden dalam pidatonya.

Sama seperti Biden, Presiden AS Donald Trump juga telah menekankan bahwa vaksin Corona — yang diklaimnya akan siap dalam beberapa pekan — harus digratiskan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa dosis vaksin Corona yang dibeli dengan uang para wajib pajak, melalui miliaran dolar AS dalam pendanaan yang disetujui Kongres AS, akan diberikan kepada rakyat Amerika tanpa biaya.

Biden dalam pidatonya juga menyerang Trump yang disebutnya telah ‘menyerah’ untuk memerangi Corona dan telah ‘meninggalkan Amerika’.

Dalam debat capres pamungkas di Tennessee pada Kamis (22/10) lalu, Trump bersikeras menyatakan virus Corona ‘akan pergi’. Biden menyatakan sebaliknya dan menyebut kasus Corona ‘melonjak’ di hampir setiap negara bagian AS.

“COVID-19 mengerdilkan apapun yang kita hadapi dalam sejarah terkini, dan itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat,” sebut Biden.

“Kita sudah lebih dari delapan bulan memasuki krisis ini dan Presiden masih belum memiliki rencana,” sindir mantan Wakil Presiden AS berusia 77 tahun ini.

“Dia (Trump-red) menyerah. Dia meninggalkan Anda. Dia meninggalkan keluarga Anda. Dia meninggalkan Amerika,” tegas Biden.

Jika terpilih jadi Presiden AS, Biden menjabarkan bahwa setelah pelantikan nanti, dirinya akan mendorong Kongres AS untuk mengesahkan undang-undang yang menangani kebutuhan negara dalam memerangi pandemi, menerapkan aturan wajib masker di gedung-gedung federal dan transportasi antarnegara bagian, serta meluncurkan program tes Corona nasional yang setara dengan tujuh kali lipat dari kapasitas tes saat ini.

(nvc/rdp)

Share this article

Recent posts

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Misteri Perusak Patung Ikon di Sulbar Dirusak Bikin Gempar

Video viral beredar menunjukkan seorang pria bermartil menghancurkan patung di salah satu sudut Polewali Mandar. Misteri masih belum terungkap, kenapa pria itu menghancurkan patung? Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria bermartil memukul-mukul Patung Tani yang tinggi menjulang. Peristiwa ini ternyata mengambil tempat di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar,…

Dua Lembaga BPJS Akan Integrasikan Data Layanan Jaminan Sosial

BPJS Kesehatan dan BPJAMSOSTEK akan mengintegrasikan data layanan program jaminan sosial dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) secara spesifik. Dengan adanya integrasi data tersebut diharapkan akan meningkatkan mutu layanan yang diterima peserta.

Duka Bocah Vino Jadi Yatim Piatu Gegara Corona

Sungguh malang nasib seorang bocah di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, bernama Alviano Dava Raharjo alias Vino. Bocah berusia 10 tahun itu harus kehilangan kedua orang tuanya gara-gara Corona (COVID-19).

Popular categories

Recent comments