Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

-

Delaware

Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan bahwa vaksin virus Corona (COVID-19) akan digratiskan untuk seluruh warga Amerika jika dirinya terpilih menjadi Presiden AS selanjutnya dalam pemilihan presiden (pilpres) 3 November mendatang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (24/10/2020), dalam pidato di Wilmington, Delaware, Biden menjelaskan rencana daruratnya dalam memerangi Corona. Dia menegaskan jika terpilih menjadi Presiden AS, maka pemerintahannya akan fokus mengatasi pandemi Corona dan membantu warga Amerika yang berjuang dengan pembiayaan.

“Begitu kita memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang — baik Anda memiliki asuransi atau tidak,” cetus Biden dalam pidatonya.

Sama seperti Biden, Presiden AS Donald Trump juga telah menekankan bahwa vaksin Corona — yang diklaimnya akan siap dalam beberapa pekan — harus digratiskan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa dosis vaksin Corona yang dibeli dengan uang para wajib pajak, melalui miliaran dolar AS dalam pendanaan yang disetujui Kongres AS, akan diberikan kepada rakyat Amerika tanpa biaya.

Biden dalam pidatonya juga menyerang Trump yang disebutnya telah ‘menyerah’ untuk memerangi Corona dan telah ‘meninggalkan Amerika’.

Dalam debat capres pamungkas di Tennessee pada Kamis (22/10) lalu, Trump bersikeras menyatakan virus Corona ‘akan pergi’. Biden menyatakan sebaliknya dan menyebut kasus Corona ‘melonjak’ di hampir setiap negara bagian AS.

“COVID-19 mengerdilkan apapun yang kita hadapi dalam sejarah terkini, dan itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat,” sebut Biden.

“Kita sudah lebih dari delapan bulan memasuki krisis ini dan Presiden masih belum memiliki rencana,” sindir mantan Wakil Presiden AS berusia 77 tahun ini.

“Dia (Trump-red) menyerah. Dia meninggalkan Anda. Dia meninggalkan keluarga Anda. Dia meninggalkan Amerika,” tegas Biden.

Jika terpilih jadi Presiden AS, Biden menjabarkan bahwa setelah pelantikan nanti, dirinya akan mendorong Kongres AS untuk mengesahkan undang-undang yang menangani kebutuhan negara dalam memerangi pandemi, menerapkan aturan wajib masker di gedung-gedung federal dan transportasi antarnegara bagian, serta meluncurkan program tes Corona nasional yang setara dengan tujuh kali lipat dari kapasitas tes saat ini.

(nvc/rdp)

Share this article

Recent posts

Wagub DKI Minta Sanksi Lebih Berat Bagi Kafe-Resto Nakal Pelanggar Prokes

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti tempat usaha nakal yang melanggar aturan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Ia meminta penerapan sanksi lebih berat bagi pelanggar prokes terutama di masa PPKM Mikro ini.

Bagaimana Cara Bermain Lotto Dengan Tiket Lotere?

Lotto sangat ternama di seluruh jagat dan ini melepaskan peluang yang tidak terhitung banyaknya menurut pemain lotere di seluruh dunia. Jumlah orang...

Bagaimana Cara Membeli Tiket Lotto Menggunakan Kartu Kredit Anda?

Apakah Anda mencari situs lotere online terkemuka? Paito sgp , bacalah artikel ini secara cermat untuk mengarifi apa yang dapat Anda...

Segala sesuatu Itu Lotere Kanada dan Bagaimana Jalan Kerjanya?

Lotre adalah permainan keberuntungan namun juga merupakan produk keterampilan sejak asal. Game ini sudah biasa ada selama beribu-ribu tahun. Faktanya, orang Cina...

Sita 18 Unit Kamar Apartemen, Kejagung Perdalam Kerja Sama Benny-Tan Kian

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita 18 unit kamar di Apartemen South Hill milik tersangka Asabri, Benny Tjokrosaputro. Kejagung juga menyebut pembangunan apartemen itu ada kerja sama dengan Ketua KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Properti, Tan Kian.

Popular categories

Recent comments