Eks Menhan Meksiko ‘The Godfather’ Ditangkap AS Atas Perdagangan Narkoba

-

Jakarta

Seorang mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Meksiko telah ditahan di Amerika Serikat dan didakwa dengan perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Salvador Cienfuegos, seorang tokoh kunci dalam pemerintahan mantan Presiden Enrique Pena Nieto 2012-2018, ditahan di bandara Los Angeles, AS pada hari Kamis (15/10) saat sedang dalam perjalanan bersama keluarganya.

Dia dituduh bersekongkol untuk memproduksi dan mendistribusikan “ribuan kilogram” kokain, heroin, metamfetamin dan mariyuana di AS antara Desember 2015 dan Februari 2017. Demikian menurut dokumen yang dirilis oleh jaksa federal di New York seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (17/10/2020).

Menurut dokumen tersebut, pensiunan jenderal berusia 72 tahun yang dijuluki “The Godfather” itu diduga menyalahgunakan posisinya “untuk membantu H-2 Cartel, sebuah organisasi perdagangan narkoba Meksiko yang sangat kejam.”

“Sebagai imbalan pembayaran suap, dia mengizinkan Kartel H-2 – kartel yang secara rutin terlibat dalam kekerasan besar-besaran, termasuk penyiksaan dan pembunuhan – untuk beroperasi dengan impunitas di Meksiko,” demikian bunyi dakwaan.

Jaksa penuntut mengatakan bukti-bukti termasuk ribuan pesan Blackberry antara Cienfuegos dan para anggota kartel yang disadap oleh pihak berwenang.

Dakwaan tersebut dapat dihukum di Amerika Serikat dengan minimal 10 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

Dakwaan itu diajukan oleh Kantor Kejaksaan Distrik Kota New York pada Agustus 2019, tetapi baru dirilis pada hari Jumat (16/10) waktu setempat.

Share this article

Recent posts

Tekan Penyebaran Corona, Polres Tangsel Bagikan 1.500 Masker-Gelar Rapid Test

Polres Tangerang Selatan membagikan 1.500 masker dan 200 paket sembako kepada masyarakat setempat. Hal ini guna menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). "Total ada 1.500 masker dan 200 paket sembako yang dibagikan," kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin, dalam keterangannya, Sabtu (16/1/2021).

Menggagas Toko Operasi Lotto – Apakah Sesuai Untuk Anda?

Kira sebagian orang, fikrah untuk membeli serta tiket lotre terlalu merepotkan. Namun, ada bisnis yang memproduksi proses ini lebih mudah bagi individu-individu...

Tolak Warganya Di-rapid Antigen, Kades di Probolinggo Minta Maaf

Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo turun tangan setelah video pejabat pemerintahan desa di Probolinggo menolak kedatangan petugas saat akan melakukan rapid test terhadap masyarakat. Setelah didatangi, Kepala Desa Banjar Sawah, Tegal Siwalah meminta maaf atas pernyataannya.

LTMPT Undur Batas Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2021 hingga 7 Februari

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengundurkan batas layanan masa sanggah dan perbaikan kuota SNMPTN 2021 menjadi 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, sekolah hanya bisa mengakses layanan tersebut hingga 15 Januari 2021.

Tiba di Soetta, Keluarga Korban Sriwijaya Air Dikawal Polisi Hingga RS Polri

Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengawal kedatangan rombongan keluarga korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Ada 2 kloter pesawat yang datang hari ini.

Popular categories

Recent comments