Houthi Bebaskan 2 Warga AS, Ditukar dengan 250 Warga Yaman

-

Muscat

Dua warga negara Amerika Serikat (AS) telah dibebaskan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Pembebasan ini menjadi bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan dengan 250 warga Yaman yang selama ini terjebak di negara-negara Teluk dan negara lainnya dipulangkan ke negaranya.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (15/10/2020), televisi nasional Oman melaporkan bahwa 250 warga Yaman itu diterbangkan kembali ke Sanaa dengan penerbangan yang dioperasikan Oman. Kebanyakan dari mereka merupakan warga yang terjebak di luar negeri setelah menjalani perawatan medis.

“Di bawah arahan Sultan Haitham bin Tariq, otoritas terkait di Kesultanan (Oman) menghubungi otoritas berwenang di Sanaa yang sepakat untuk membebaskan warga Amerika dan mentransfer mereka ke Kesultanan sebelum dipulangkan,” demikian laporan televisi nasional Oman.

Otoritas AS menyambut baik pembebasan dua warganya dari tahanan Houthi. Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O’Brien, dalam pernyataannya menyebut dua warga AS itu diidentifikasi sebagai sebagai Sandra Loli dan Mikael Gidada. Loli yang seorang relawan kemanusiaan telah ditahan Houthi selama 3 tahun, sedangkan Gidada yang seorang pengusaha ditahan selama 1 tahun.

O’Brien juga menyatakan bahwa jenazah satu warga AS lainnya, Bilal Fateen, juga akan dipulangkan.

Oman mengirimkan dua penerbangan ke Sanaa untuk memulangkan 250 warga Yaman yang selama ini terjebak usai menerima perawatan medis di negara-negara Teluk dan luar negeri.

Dalam pernyataannya, O’Brien berterima kasih kepada Sultan Oman, Haitham bin Tariq al-Said, juga kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, atas pembebasan dua warga ASitu.

“Presiden (Donald) Trump terus memprioritaskan pembebasan dan pemulangan warga Amerika yang disandera di luar negeri,” ucapnya.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Tekan Penyebaran Corona, Polres Tangsel Bagikan 1.500 Masker-Gelar Rapid Test

Polres Tangerang Selatan membagikan 1.500 masker dan 200 paket sembako kepada masyarakat setempat. Hal ini guna menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). "Total ada 1.500 masker dan 200 paket sembako yang dibagikan," kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin, dalam keterangannya, Sabtu (16/1/2021).

Menggagas Toko Operasi Lotto – Apakah Sesuai Untuk Anda?

Kira sebagian orang, fikrah untuk membeli serta tiket lotre terlalu merepotkan. Namun, ada bisnis yang memproduksi proses ini lebih mudah bagi individu-individu...

Tolak Warganya Di-rapid Antigen, Kades di Probolinggo Minta Maaf

Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo turun tangan setelah video pejabat pemerintahan desa di Probolinggo menolak kedatangan petugas saat akan melakukan rapid test terhadap masyarakat. Setelah didatangi, Kepala Desa Banjar Sawah, Tegal Siwalah meminta maaf atas pernyataannya.

LTMPT Undur Batas Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2021 hingga 7 Februari

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengundurkan batas layanan masa sanggah dan perbaikan kuota SNMPTN 2021 menjadi 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, sekolah hanya bisa mengakses layanan tersebut hingga 15 Januari 2021.

Tiba di Soetta, Keluarga Korban Sriwijaya Air Dikawal Polisi Hingga RS Polri

Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengawal kedatangan rombongan keluarga korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Ada 2 kloter pesawat yang datang hari ini.

Popular categories

Recent comments