Pastor Italia Diadili di Vatikan Atas Kekerasan Seksual pada Bocah

-

Vatican City

Seorang pastor Italia akan diadili di Vatikan karena melakukan kekerasan seksual terhadap bocah-bocah anggota paduan suara anak. Seorang pastor lainnya yang diduga memfasilitasi tindak serangan seksual itu juga ikut diadili.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/10/2020), tindak kekerasan seksual itu dilaporkan terjadi antara tahun 2011 hingga 2012 di asrama pra-seminari St Pius X, sebuah institusi yang terletak di wilayah Vatikan yang melatih paduan suara anak. Institusi itu juga diketahui berlokasi sangat dekat dengan kediaman Paus Fransiskus.

Pastor Italia bernama Gabriele Martinelli ini diduga melakukan serangan seksual secara berulang terhadap setidaknya satu korban saat dia masih menjadi seminaris berusia 21 tahun dan tinggal di gedung tersebut. Martinelli menjadi pastor tahun 2017.

Para penghuni asrama St Pius X kebanyakan anak-anak dan remaja, yang tinggal di sana saat mereka bersekolah di sekolah swasta di Roma. Para penghuni asrama itu juga berpartisipasi sebagai anggota paduan suara dalam misa yang digelar di Basilika St Peter.

Enrico Radice yang menjabat rektor di asrama itu saat tindak kekerasan seksual terjadi, dituduh menutup-nutupi hal tersebut. Tahun lalu, pihak Vatikan menyatakan Martinelli dan Radice alan diadili. Sidang pertama untuk kasus ini akan digelar pada 14 Oktober mendatang.

Penyelidikan terhadap kasus ini dilakukan setelah dirilisnya sebuah buku berjudul ‘Original Sin’ oleh jurnalis Italia, Gianluigi Nuzzi, yang menyinggung soal dugaan kekerasan seksual itu. Dalam buku itu, seorang seminaris asal Polandia bernama Kamil Tadeusz Jarzembowksi mengakui dirinya menyaksikan serangan seksual berulang kali terhadap teman sekamarnya.

Share this article

Recent posts

Tekan Penyebaran Corona, Polres Tangsel Bagikan 1.500 Masker-Gelar Rapid Test

Polres Tangerang Selatan membagikan 1.500 masker dan 200 paket sembako kepada masyarakat setempat. Hal ini guna menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). "Total ada 1.500 masker dan 200 paket sembako yang dibagikan," kata Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin, dalam keterangannya, Sabtu (16/1/2021).

Menggagas Toko Operasi Lotto – Apakah Sesuai Untuk Anda?

Kira sebagian orang, fikrah untuk membeli serta tiket lotre terlalu merepotkan. Namun, ada bisnis yang memproduksi proses ini lebih mudah bagi individu-individu...

Tolak Warganya Di-rapid Antigen, Kades di Probolinggo Minta Maaf

Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo turun tangan setelah video pejabat pemerintahan desa di Probolinggo menolak kedatangan petugas saat akan melakukan rapid test terhadap masyarakat. Setelah didatangi, Kepala Desa Banjar Sawah, Tegal Siwalah meminta maaf atas pernyataannya.

LTMPT Undur Batas Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2021 hingga 7 Februari

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengundurkan batas layanan masa sanggah dan perbaikan kuota SNMPTN 2021 menjadi 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, sekolah hanya bisa mengakses layanan tersebut hingga 15 Januari 2021.

Tiba di Soetta, Keluarga Korban Sriwijaya Air Dikawal Polisi Hingga RS Polri

Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengawal kedatangan rombongan keluarga korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Ada 2 kloter pesawat yang datang hari ini.

Popular categories

Recent comments