Cegah Corona, 2 Cawapres AS Akan Dipisahkan Pembatas Kaca Saat Debat

-

Washington DC

Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS), Mike Pence dan penantangnya, Kamala Harris, calon wapres (cawapres) dari Partai Demokrat akan menjalani debat cawapres pada 7 Oktober. Keduanya akan dipisahkan oleh pembatas kaca plexiglass selama debat berlangsung, demi mengurangi risiko penularan virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Selasa (6/10/2020), debat cawapres dijadwalkan akan digelar hanya satu kali, yakni pada Rabu (7/10) waktu AS di Salt Lake City, Utah. Pence yang merupakan cawapres petahana akan berhadapan dengan Harris yang seorang Senator senior AS.

Baik Pence maupun Harris dinyatakan negatif Corona dalam tes yang dijalani beberapa hari terakhir.

Dituturkan seorang sumber yang memahami persiapan debat cawapres bahwa Komisi Debat Kepresidenan AS telah memutuskan bahwa Pence dan Harris akan dipisahkan oleh plexiglass selama debat berlangsung pada Rabu (7/10) malam waktu AS.

Menurut sumber itu, Komisi Debat Kepresidenan AS mengambil keputusan itu bersama konsultan medis di Klinik Cleveland — lokasi debat capres pertama — pada Senin (5/10) waktu setempat, setelah mempelajari sifat virus Corona di udara dan saat jumlah kasus positif Corona di Gedung Putih semakin bertambah.

Presiden Donald Trump dinyatakan positif Corona pada 1 Oktober lalu. Sejumlah staf dan politikus Republikan sekutu Trump, termasuk tiga Senator AS, juga dinyatakan positif Corona dalam beberapa hari terakhir.

Pence sendiri diketahui tidak berkantor di Gedung Putih dan memilih bekerja dari rumah pada akhir pekan lalu. Dia sempat menghadiri acara di Gedung Putih yang diduga menjadi klaster penularan baru, sepekan lalu, namun hasil tesnya menyatakan dia negatif Corona sehingga debat akan tetap berjalan sesuai jadwal.

Share this article

Recent posts

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

Capes AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan vaksin virus Corona akan digratiskan untuk seluruh warga jika dirinya terpilih jadi Presiden AS.

Jelang Pilpres, Peretas Rusia Serang Jaringan Pemerintah AS

Para peretas yang disponsori Rusia dilaporkan berupaya menyusup ke dalam jaringan komputer pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal di AS.

Demi Dicoret dari Daftar Sponsor Teroris, Sudan Transfer Rp 4,9 T ke AS

Pembayaran kompensasi US$ 335 juta (Rp 4,9 triliun) merupakan bagian dari kesepakatan dengan AS agar Sudan dihapus dari daftar sponsor terorisme.

Guru Prancis Dipenggal, Macron Desak Putin Tingkatkan Kerjasama Antiteror

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meningkatkan kerja sama guna memerangi terorisme dan imigran ilegal.

Penumpang Wajib Tes Corona di Bandara Sebelum Terbang Keluar Inggris

Para penumpang akan menjalani tes virus Corona (COVID-19) selama satu jam di bandara sebelum bisa terbang keluar dari Inggris.

Popular categories

Recent comments