Plakat yang Dipasang Demonstran Thailand di Dekat Istana Kini Hilang

-

Bangkok

Sebuah plakat yang dipasang demonstran pro-demokrasi Thailand di dekat Istana Agung Bangkok dilaporkan telah dicopot dan hilang. Plakat itu dipasang sebagai penanda deklarasi bahwa Thailand milik rakyat dan bukan milik Raja saja.

Seperti dilansir Reuters, Senin (21/9/2020), plakat itu dipasang dan ditanam dengan semen oleh para demonstran pro-demokrasi pada Minggu (20/9) waktu setempat, setelah digelar unjuk rasa besar-besaran yang menyerukan reformasi Kerajaan Thailand yang kini dipimpin Raja Maha Vajiralongkorn.

Kepolisian Thailand dalam pernyataan terbaru menyatakan pihaknya menerima laporan bahwa plakat itu tidak lagi berada di lokasi pertama kali ditanam sejak Minggu (20/9) waktu setempat. Pihak kepolisian menyatakan belum diketahui pasti siapa yang mencopot plakat itu.

“Saya menerima laporan bahwa plakat itu hilang tapi saya tidak tahu bagaimana dan siapa yang melakukannya,” ucap Wakil Kepala Kepolisian Bangkok, Piya Tawichai, kepada Reuters.

“Polisi sedang memeriksa dengan BMA (Otoritas Metropolitan Bangkok) dan memeriksa siapa yang mencopotnya karena plakat itu adalah bagian dari bukti untuk mendakwa kelompok demonstran (atas pelanggarannya),” imbuhnya.

Usai plakat itu dipasang, orang-orang mengantre untuk berfoto disampingnya. Plakat itu menampilkan gestur salah hormat tiga jari yang menjadi simbol para demonstran pro-demokrasi di Thailand.

Para demonstran di Thailand semakin berani dalam menyuarakan tuntutan mereka, dalam rangkaian unjuk rasa menentang pemerintah yang didominasi militer dan menentang kerajaan yang telah berlangsung selama dua bulan terakhir.

Unjuk rasa semacam ini mendobrak pandangan tabu sejak lama soal sikap mengkritik Kerajaan Thailand — yang dianggap ilegal di bawah Undang-undang (UU) lese majeste.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Orde Lotere dan Program Visa Keberagaman

Lotre adalah jenis betting yang melibatkan penarikan nomor tertentu dengan acak untuk kado tertentu. Sementara penuh pemerintah melegalkan lotere, beberapa masih mematahkan...

Cara Bermain Singapore Lotto

Lotre bukan hanya untuk kesenangan & permainan: ini merupakan salah satu wujud perjudian tertua pada dunia, setidaknya sejak abad ke-12. Pada Singapura,...

TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Cara Membeli Tiket Lotere Secara Efektif

Oleh sebab itu Anda ingin menyidik undian Lotere Negara setempat? Mudah. Ikuti saja langkah-langkah itu. Pertama, buat Acara Anda, lalu kontak Eksekutif...

Secercah Harapan dari Embung Grigak bagi Petani Gunung Kidul

Seorang petani di Pantai Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta, Wasiman, memandang lahan padi yang ia garap. Setiap bertani, ia selalu menyelipkan doa agar tanaman yang ia garap tumbuh subur. Sebagai petani yang mengandalkan perairan dari air hujan, Wasiman memang tak bisa menanam sepanjang tahun. Jadi, setiap kali bisa menanam, ia berharap agar lahannya bisa panen besar.

Popular categories

Recent comments