WHO Rekomendasikan Anak di Atas 12 Tahun Pakai Masker Seperti Orang Dewasa

-

Jenewa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar anak-anak berusia di atas 12 tahun harus memakai masker dalam kondisi yang sama dengan orang dewasa. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengendalikan pandemi virus Corona (COVID-19).

Dilansir dari AFP, Jumat (21/8/2020), WHO bekerja sama dengan UNICEF menerbitkan panduan baru tentang kapan anak-anak mengenakan masker untuk menghambat penyebaran virus Corona.

Kedua badan PBB itu telah mengumpulkan sekelompok ahli dan meninjau data terbatas yang ada tentang kontribusi anak-anak terhadap penyebaran COVID-19 serta manfaat penggunaan masker oleh anak-anak. Berdasarkan temuan tersebut serta pertimbangan seputar kebutuhan perkembangan anak, mereka mengatakan rekomendasi bervariasi pada kelompok umur yang berbeda.

WHO merekomendasikan bahwa “anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker dalam kondisi yang sama seperti orang dewasa, khususnya ketika mereka tidak dapat menjamin jarak setidaknya satu meter dari orang lain dan ada penularan luas di daerah tersebut”.

Dalam dokumen itu diakui bahwa masih banyak yang tidak diketahui tentang sejauh mana kontribusi anak-anak terhadap penyebaran virus Corona. Meski ada beberapa bukti terbatas bahwa anak kecil mungkin memiliki kerentanan lebih rendah terhadap infeksi dibandingkan orang dewasa, data menunjukkan bahwa remaja ‘mungkin memainkan peran yang lebih aktif dalam penularan virus daripada anak yang lebih kecil’.

WHO juga mengatakan bahwa anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak boleh memakai masker. “Ini didasarkan pada keamanan dan kepentingan keseluruhan anak dan kapasitas untuk menggunakan masker dengan benar dengan bantuan minimal,” ujarnya.

Di sisi lain, disebutkan bahwa dalam keadaan tertentu, disarankan bagi anak-anak usia 6-11 tahun untuk memakai masker di tempat dengan penyebaran virus yang luas. Saran itu juga berlaku bagi anak usia 6-11 tahun di tempat anak-anak melakukan kontak dengan orang tua atau orang lain yang berisiko tinggi.

Diperlukan kehadiran orang dewasa untuk mengawasi agar anak-anak mengenakan masker dengan aman. Potensi dan dampak terhadap pembelajaran dan perkembangan anak-anak harus dipertimbangkan.

Berdasarkan pedoman baru, ‘penggunaan masker tidak harus diwajibkan’ untuk anak-anak di segala usia dengan gangguan perkembangan, kecacatan atau kondisi kesehatan spesifik lain yang mungkin mengganggu pemakaian masker.

Direkomendasikan juga agar anak-anak tidak boleh diminta memakai masker saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik ‘agar tidak mengganggu pernapasan mereka’. Tetapi menekankan pentingnya menjaga jarak dari orang lain dan membatasi jumlah anak yang bermain bersama.

(azr/azr)

Share this article

Recent posts

Ortu Ungkap Ada 5 Siswi Nonmuslim Lain yang Diminta Berjilbab di Padang

Video adu argumen antara orang tua siswi nonmuslim dengan pihak SMK Negeri 2 Padang yang diminta memakai kerudung atau jilbab viral di media sosial. Orang tua siswa itu, Elianu Hia menyebut tindakan sekolah tersebut melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Sopir Injak Pedal Gas Saat Parkir, Minubus di Makassar Terjun Bebas ke Kanal

Sebuah minibus yang dikemudikan Ramli (65) di Kota Makassar terjun bebas ke dalam sebuah kanal. Sebab, Ramli lalai dengan menginjak pedal gas saat mobilnya tengah terparkir. "Diduga Pengemudi roda empat pada saat parkir dan menghidupkan mesin tidak sengaja menginjak gas dalam posisi masuk persneling," kata Kapala Bagian Ops, KBO Sat Lalulintas Polrestabes Makassar, AKP Emy…

Bupati Apresiasi Bantuan Pertamina untuk Korban Longsor Sumedang

Pascabencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan sembako dan logistik lainnya yang akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang.

Sapa yang Kehilangan Uang Bermain Lotre?

Apakah Anda percaya kalau pemenang lotere seluruhnya kaya atau hanya ada sedikit pemenang? Jika Anda tidak berpikir demikian, informasi berikut dapat merapikan...

Memengaruhi Dengan Cacing – Teknik Memancing Cacing palolo Hidup Sungai Menggelitik

Faktanya, sekitar 15 juta orang Kanada memainkan game tersebut secara rutin. Tetapi, kali ini saya akan sangat husus dan menggunakan tiruan dari...

Popular categories

Recent comments