Korban Tewas Banjir Bandang di Pulau Evia Yunani, Bertambah Jadi 7 Orang

-

Jakarta

Hujan lebat dan banjir melanda pulau Evia, Yunani. Tujuh orang tewas dalam kejadian tersebut.

Dilansir Reuters, Senin (10/8/2020) disebutkan tiga korban diantaranya seorang bayi ditemukan di desa Politika. Sedangkan empat lainnya di desa Amfithe daerah Bourtzi di Evia tengah, timur laut Athena.

Tim penyelamat disebut masih mencari satu orang yang hilang. Departemen pemadam kebakaran menerima ratusan panggilan, untuk memompa air dari rumah dan kendaraan yang terendam lumpur.

“Kami sudah berada di lumpur sejak pukul enam pagi. Tidak ada yang bisa saya lakukan, saya naik ke atas meja untuk menyelamatkan diri. Saya sendirian,” kata seorang warga Bourtzi kepada Reuters.

Puluhan orang dievakuasi dan 43 orang diselamatkan dengan helikopter. Transportasi disebut terganggu akibat air sungai yang meluap menutupi jalan.

“Kami dihadapkan pada fenomena yang belum pernah kami alami sebelumnya,” ujar Wakil Menteri Perlindungan Sipil Nikos Hardalias, yang mengunjungi daerah tersebut, mengatakan kepada wartawan menambahkan bahwa perubahan iklim membuat lebih sulit untuk memprediksi intensitasnya.

Pihak berwenang memperkirakan 63mm hujan akan turun dalam 24 jam, tetapi pengukuran terbaru yang dikonfirmasi menunjukkan hujan 350mm, katanya.

Perubahan iklim diperkirakan akan meningkatkan kejadian cuaca di Yunani di mana musim panas biasanya kering, kata para ahli. Badai petir jarang terjadi tetapi semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

(dwia/dwia)

Share this article

Recent posts

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

Capes AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan vaksin virus Corona akan digratiskan untuk seluruh warga jika dirinya terpilih jadi Presiden AS.

Jelang Pilpres, Peretas Rusia Serang Jaringan Pemerintah AS

Para peretas yang disponsori Rusia dilaporkan berupaya menyusup ke dalam jaringan komputer pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal di AS.

Demi Dicoret dari Daftar Sponsor Teroris, Sudan Transfer Rp 4,9 T ke AS

Pembayaran kompensasi US$ 335 juta (Rp 4,9 triliun) merupakan bagian dari kesepakatan dengan AS agar Sudan dihapus dari daftar sponsor terorisme.

Guru Prancis Dipenggal, Macron Desak Putin Tingkatkan Kerjasama Antiteror

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meningkatkan kerja sama guna memerangi terorisme dan imigran ilegal.

Penumpang Wajib Tes Corona di Bandara Sebelum Terbang Keluar Inggris

Para penumpang akan menjalani tes virus Corona (COVID-19) selama satu jam di bandara sebelum bisa terbang keluar dari Inggris.

Popular categories

Recent comments