Kementerian Luar Negeri Lebanon Sempat Diambil Alih Massa Demonstran

-

Jakarta

Kementerian Luar Negeri Lebanon sempat diambil alih massa demonstran. Mereka masuk dan sempat mengobrak-abrik kantor Kementerian Luar Negeri.

Awalnya, “kami ada sekitar 100,” kata salah satu pensiunan perwira militer yang memimpin pengambilalihan, Tony Kayrouz, seperti dilansir AFP, Minggu (9/8/2020).

“Ada beberapa polisi yang menjaga gerbang, mereka membukanya, dan kami masuk, tidak ada bentrokan,” kata Kayrouz kepada AFP.

Pengambil alihan Kementerian Luar Negeri dilakukan oleh kelompok pensiunan perwira yang dipimpin oleh Samer Rammah. Aksi demonstrasi merupakan kekecewaan terhadap Presiden Michel Aoun.

“Presiden Michel Aoun tidak menghormati sumpahnya,” kata Samer Rammah.

“Aku punya harapan di Aoun. (Tapi sekarang), republik ini dijalankan seperti ladang,” ujarnya.

Rammah dan pensiunan perwira militer telah menjadi andalan gerakan protes yang dimulai pada Oktober untuk menuntut penghapusan kelas politik yang dianggap tidak kompeten dan korup.

Demonstran di kementerian membentangkan spanduk yang menutupi seluruh fasad bangunan. “Beirut, ibu kota revolusi,” bunyinya.

“Selamat, kami telah merebut kembali kementerian,” seorang pengunjuk rasa bersukacita.

Di bawah ukiran dinding yang elegan, para pengunjuk rasa menarik potret Aoun dari dinding dan membantingnya ke tanah. Massa lalu berulang kali menginjak potret Aoun.

Pengunjung menikmati pengambilalihan tersebut, berpose di belakang mimbar yang biasanya digunakan untuk konferensi pers diplomatik. Lainnya berjalan ke ruang konferensi dan kantor, di mana mereka mengambil foto selfie.

Tapi pengambilalihan kementerian luar negeri terhenti ketika bala bantuan tentara yang besar datang. Memaksa semua demonstran untuk keluar dari Kementerian Luar Negeri.

Diketahui, demonstrasi ini dilakukan pasca-ledakan pada Selasa (4/8). Dalam ledakan itu menewaskan lebih dari 150 jiwa, dan melukai sedikitnya 5.000 orang.

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Orde Lotere dan Program Visa Keberagaman

Lotre adalah jenis betting yang melibatkan penarikan nomor tertentu dengan acak untuk kado tertentu. Sementara penuh pemerintah melegalkan lotere, beberapa masih mematahkan...

Cara Bermain Singapore Lotto

Lotre bukan hanya untuk kesenangan & permainan: ini merupakan salah satu wujud perjudian tertua pada dunia, setidaknya sejak abad ke-12. Pada Singapura,...

TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Cara Membeli Tiket Lotere Secara Efektif

Oleh sebab itu Anda ingin menyidik undian Lotere Negara setempat? Mudah. Ikuti saja langkah-langkah itu. Pertama, buat Acara Anda, lalu kontak Eksekutif...

Secercah Harapan dari Embung Grigak bagi Petani Gunung Kidul

Seorang petani di Pantai Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta, Wasiman, memandang lahan padi yang ia garap. Setiap bertani, ia selalu menyelipkan doa agar tanaman yang ia garap tumbuh subur. Sebagai petani yang mengandalkan perairan dari air hujan, Wasiman memang tak bisa menanam sepanjang tahun. Jadi, setiap kali bisa menanam, ia berharap agar lahannya bisa panen besar.

Popular categories

Recent comments