Israel Tawarkan Bantuan ke Lebanon Usai Ledakan Besar di Beirut

-

Yerusalem

Usai ledakan besar yang terjadi di Beirut, Israel menawarkan bantuan kepada Lebanon. Tawaran bantuan ini akan disalurkan melalui perantara internasional.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/8/2020), Israel menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Lebanon, yang mana secara teknis masih dalam kondisi perang, menyusul ledakan besar yang mengguncang Beirut, menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan lainnya.

“Menyusul ledakan di Beirut, Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, atas nama negara Israel, telah menawarkan kepada pemerintah Lebanon-melalui perantara internasional-bantuan medis dan kemanusiaan, serta bantuan darurat segera,” dalam sebuah pernyataan bersama dari kedua kementerian tersebut.

Tawaran itu datang setelah dua minggu ketegangan meningkat di antara dua negara tetangga saingan itu.

Pekan lalu, Israel menuduh kelompok Lebanon Hizbullah berusaha mengirim orang-orang bersenjata melintasi Blue Line yang ditetapkan PBB dan mengatakan pihaknya meminta pemerintah Lebanon bertanggung jawab atas apa yang disebutnya sebagai upaya serangan “teroris”.

Sebelumnya diberitakan sebuah ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon. Ledakan menggetarkan gedung-gedung, menghancurkan jendela-jendela, dan menimbulkan kepulan asap besar ke langit.

Laporan media Lebanon menampilkan gambar orang-orang yang terperangkap di bawah puing-puing, beberapa berlumuran darah, setelah adanya ledakan besar. Penyebab ledakan belum diketahui.

Ledakan besar itu terjadi di daerah pelabuhan di Beirut. Ledakan terasa di sebagian besar kota dan beberapa distrik di Beirut mengalami listrik padam.

(rfs/rfs)

Share this article

Recent posts

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa: Solidaritas Lebih Berharga dari Banyak Hal

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyampaikan belasungkawa kepada Yunani setelah gempa Magnitudo (M) 7 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Bela Mahathir Soal Cuitan Kontroversial, Najib: Dia Tak Bermaksud Begitu

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membela sesama mantan PM, Mahathir Mohamad atas cuitan kontroversialnya yang dihapus Twitter.

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Popular categories

Recent comments