Israel Tawarkan Bantuan ke Lebanon Usai Ledakan Besar di Beirut

-

Yerusalem

Usai ledakan besar yang terjadi di Beirut, Israel menawarkan bantuan kepada Lebanon. Tawaran bantuan ini akan disalurkan melalui perantara internasional.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/8/2020), Israel menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Lebanon, yang mana secara teknis masih dalam kondisi perang, menyusul ledakan besar yang mengguncang Beirut, menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan lainnya.

“Menyusul ledakan di Beirut, Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, atas nama negara Israel, telah menawarkan kepada pemerintah Lebanon-melalui perantara internasional-bantuan medis dan kemanusiaan, serta bantuan darurat segera,” dalam sebuah pernyataan bersama dari kedua kementerian tersebut.

Tawaran itu datang setelah dua minggu ketegangan meningkat di antara dua negara tetangga saingan itu.

Pekan lalu, Israel menuduh kelompok Lebanon Hizbullah berusaha mengirim orang-orang bersenjata melintasi Blue Line yang ditetapkan PBB dan mengatakan pihaknya meminta pemerintah Lebanon bertanggung jawab atas apa yang disebutnya sebagai upaya serangan “teroris”.

Sebelumnya diberitakan sebuah ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon. Ledakan menggetarkan gedung-gedung, menghancurkan jendela-jendela, dan menimbulkan kepulan asap besar ke langit.

Laporan media Lebanon menampilkan gambar orang-orang yang terperangkap di bawah puing-puing, beberapa berlumuran darah, setelah adanya ledakan besar. Penyebab ledakan belum diketahui.

Ledakan besar itu terjadi di daerah pelabuhan di Beirut. Ledakan terasa di sebagian besar kota dan beberapa distrik di Beirut mengalami listrik padam.

(rfs/rfs)

Share this article

Recent posts

Bupati Apresiasi Bantuan Pertamina untuk Korban Longsor Sumedang

Pascabencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan sembako dan logistik lainnya yang akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang.

Sapa yang Kehilangan Uang Bermain Lotre?

Apakah Anda percaya kalau pemenang lotere seluruhnya kaya atau hanya ada sedikit pemenang? Jika Anda tidak berpikir demikian, informasi berikut dapat merapikan...

Memengaruhi Dengan Cacing – Teknik Memancing Cacing palolo Hidup Sungai Menggelitik

Faktanya, sekitar 15 juta orang Kanada memainkan game tersebut secara rutin. Tetapi, kali ini saya akan sangat husus dan menggunakan tiruan dari...

4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Lantik Anggota PAW, Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Haluan Negara

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik anggota MPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW) Bimantoro Wiyono. Dalam pelantikan tersebut, Bamsoet mengingatkan gagasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), sebagaimana direkomendasikan MPR RI 2014-2019, perlu diwujudkan pada masa jabatan MPR RI 2019-2024.

Popular categories

Recent comments