Polisi Hong Kong Akan Tangkap Aktivis Pro Demokrasi di Luar Negeri

-

Hong Kong

Polisi Hong Kong akan mencari enam aktivis pro-demokrasi yang tinggal di negara-negara pengasingan. Mereka dituduh melanggar hukum keamanan nasional.

Dilansir dari AFP, Jumat (31/7/2020), polisi Hong Kong telah memerintahkan penangkapan enam aktivis pro-demokrasi. Saat ini, mereka hidup di negara-nengara pengasingan.

Menurut media pemerintah China pada Jumat malam, mereka dituduh melanggar hukum keamanan nasional. Namun, petugas di tingkat kota enggan berkomentar.

“Polisi Hong Kong secara resmi memerintahkan penangkapan enam pembuat masalah yang melarikan diri ke luar negeri,” kata televisi negara milik China, CCTV.

Aktivis pro-demokrasi, Nathan Law (27) masuk dalam satu dari enam orang yang akan ditangkap. Nathan saat ini berada di Inggris setelah melarikan diri dari Hong Kong.

Law menganggap tuduhan itu palsu dan menyebut ‘kejahatan’ satu-satunya yang dilakukan adalah mencintai Hong Kong.

“Saya harap bahwa anda semua dapat berdiri teguh untuk melawan teror putih daripada menyerah pada sensor diri,” tulis Law dalam akun Facebooknya.

Tindakan keras terhadap demokrasi di Hong Kong meningkat setelah Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional di kota tersebut.

Ini akan menjadi pertama kalinya polisi kota menggunakan kekuatan ekstrateritorial dalam undang-undang baru untuk mengejar aktivis yang tidak berada di wilayah tersebut.

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Wanti-wanti WHO soal Durasi Panjang Pandemi Corona

WHO mewanti-wanti soal durasi pandemi Corona yang bakal panjang. Selain itu, Komite Darurat mengingatkan soal risiko dari durasi panjang ini.

Anggota Kongres Arizona Dinyatakan Positif Corona

Salah satu anggota kongres dari Partai Demokrat Arizona, Raul M Grijalva dinyatakan positif Corona usai menjalani pemeriksaan.

Polisi Hong Kong Akan Tangkap Aktivis Pro Demokrasi di Luar Negeri

Polisi Hong Kong akan mencari enam aktivis pro-demokrasi yang tinggal di negara-negara pengasingan. Mereka dituduh melanggar hukum keamanan nasional.

Empat Orang Tewas dalam Serangan Jihadis di Nigeria

Para pejuang jihad yang dicurigai menyerang kota Maiduguri, Nigeria. Serangan ini menewaskan empat warga sipil dan tiga orang luka-luka, kata para pejabat.

Penembakan Terjadi di Kogi Nigeria, 14 Warga Tewas

Seorang pria bersenjata melakukan penembakan di Negara Bagian Kogi, Nigeria. Sebanyak 14 warga desa tewas dalam penembakan itu.

Popular categories

Recent comments