Polisi Hong Kong Akan Tangkap Aktivis Pro Demokrasi di Luar Negeri

-

Hong Kong

Polisi Hong Kong akan mencari enam aktivis pro-demokrasi yang tinggal di negara-negara pengasingan. Mereka dituduh melanggar hukum keamanan nasional.

Dilansir dari AFP, Jumat (31/7/2020), polisi Hong Kong telah memerintahkan penangkapan enam aktivis pro-demokrasi. Saat ini, mereka hidup di negara-nengara pengasingan.

Menurut media pemerintah China pada Jumat malam, mereka dituduh melanggar hukum keamanan nasional. Namun, petugas di tingkat kota enggan berkomentar.

“Polisi Hong Kong secara resmi memerintahkan penangkapan enam pembuat masalah yang melarikan diri ke luar negeri,” kata televisi negara milik China, CCTV.

Aktivis pro-demokrasi, Nathan Law (27) masuk dalam satu dari enam orang yang akan ditangkap. Nathan saat ini berada di Inggris setelah melarikan diri dari Hong Kong.

Law menganggap tuduhan itu palsu dan menyebut ‘kejahatan’ satu-satunya yang dilakukan adalah mencintai Hong Kong.

“Saya harap bahwa anda semua dapat berdiri teguh untuk melawan teror putih daripada menyerah pada sensor diri,” tulis Law dalam akun Facebooknya.

Tindakan keras terhadap demokrasi di Hong Kong meningkat setelah Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional di kota tersebut.

Ini akan menjadi pertama kalinya polisi kota menggunakan kekuatan ekstrateritorial dalam undang-undang baru untuk mengejar aktivis yang tidak berada di wilayah tersebut.

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

9 Bulan Terlewati dengan Catatan 30 Juta Lebih Kasus Corona Terdeteksi

Sembilan bulan terlewati sejak kemunculan virus Corona (COVID-19) di dunia. Kini tercatat secara global kasusnya telah melampaui angka 30 juta.

Jejak Kaki Manusia dari 120 Ribu Tahun Lalu Ditemukan di Arab Saudi

Komisi Warisan Arab Saudi baru saja mengungkap penemuan situs arkeologi baru yang berusia 120.000 tahun. Situs itu menunjukkan jejak kaki manusia purba.

Dua Pesawat Militer China Kedapatan Terbang di Wilayah Taiwan

Taiwan melaporkan bahwa dua pesawat militer anti-kapal selam milik China kedapatan mengudara di dalam zona identifikasi pertahanan udara negara itu.

Trump Harap Arab Saudi Akui Israel pada Waktu yang Tepat

Presiden AS, Donald Trump, mengharapkan Arab Saudi untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

4 Unjuk Rasa di Berbagai Belahan Dunia Saat Corona Masih Mewabah

Aksi unjuk rasa masih berlangsung di berbagai negara meskipun dunia sedang dilanda Corona. Aksi unjuk rasa ini masih terjadi di bulan September.

Popular categories

Recent comments