Empat Orang Tewas dalam Serangan Jihadis di Nigeria

-

Jakarta

Para pejuang jihad yang dicurigai menyerang kota Maiduguri, salah satu tempat perlindungan terakhir di timur laut Nigeria, Kamis. Serangan ini menewaskan empat warga sipil, kata para pejabat.

“Tiga peledak berbahan bakar roket ditembakkan dari luar kota dan mendarat di lokasi terpisah, menewaskan empat orang dan melukai tiga” kata Kepala Keamanan untuk Badan Manajemen Darurat Negara Borno (SEMA), Bello Danbatta, seperti dilansir dari AFP, Jumat (31/7/2020).

“Ini tentu merupakan hasil kerja dari ‘teroris’ yang bertekad mengganggu perayaan Idul Adha besok,” kata Ibrahim Liman, seorang pejabat dengan salah satu milisi sipil yang mendukung militer dalam perang melawan para jihadis.

“Mereka menembakkan bom dari tepi kota untuk menyebabkan kehancuran dan membuat panik,” tambahnya.

Maiduguri adalah ibu kota negara bagian Borno, tempat kelahiran kelompok Boko Haram pada tahun 2009. Boko Haram telah berulang kali menyerang kota itu, rumah bagi beberapa juta orang, sementara sebagian besar wilayah timur laut Nigeria telah menjadi daerah larangan karena kehadiran kelompok-kelompok jihadis.

Boko Haram adalah salah satu kelompok yang paling ditakuti dan secara bertahap menyebar ke negara tetangga, Kamerun dan Chad. Lebih dari 36.000 orang tewas dalam pertempuran sejak 2009, dengan lebih dari dua juta tidak dapat kembali ke rumah mereka, banyak dari mereka mencari perlindungan di Maiduguri.

(eva/eva)

Share this article

Recent posts

9 Bulan Terlewati dengan Catatan 30 Juta Lebih Kasus Corona Terdeteksi

Sembilan bulan terlewati sejak kemunculan virus Corona (COVID-19) di dunia. Kini tercatat secara global kasusnya telah melampaui angka 30 juta.

Jejak Kaki Manusia dari 120 Ribu Tahun Lalu Ditemukan di Arab Saudi

Komisi Warisan Arab Saudi baru saja mengungkap penemuan situs arkeologi baru yang berusia 120.000 tahun. Situs itu menunjukkan jejak kaki manusia purba.

Dua Pesawat Militer China Kedapatan Terbang di Wilayah Taiwan

Taiwan melaporkan bahwa dua pesawat militer anti-kapal selam milik China kedapatan mengudara di dalam zona identifikasi pertahanan udara negara itu.

Trump Harap Arab Saudi Akui Israel pada Waktu yang Tepat

Presiden AS, Donald Trump, mengharapkan Arab Saudi untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

4 Unjuk Rasa di Berbagai Belahan Dunia Saat Corona Masih Mewabah

Aksi unjuk rasa masih berlangsung di berbagai negara meskipun dunia sedang dilanda Corona. Aksi unjuk rasa ini masih terjadi di bulan September.

Popular categories

Recent comments