Dokter Muda di Libanon Jadi Tenaga Medis Pertama yang Gugur karena Corona

-

Beirut

Seorang dokter muda menjadi tenaga medis pertama Libanon yang meninggal karena virus Corona (COVID-19). Meninggalnya dokter muda itu saat Libanon menghadapi peningkatan kasus infeksi harian.

Dilansir dari AFP, Senin (20/7/2020), Kantor Berita Nasional mengatakan dokter muda berusia 32 tahun itu bernama Loay Ismail. Pernyataan itu menyebutkan Ismail “meninggal karena virus Corona di Rumah Sakit Nabih Berri di Nabatiyeh”, Libanon Selatan.

Sementara, rumah sakit Lebanon-Italia tempatnya bekerja mengatakan Ismail tertular penyakit “saat menjalankan tugas medis dan kemanusiaan”.

“Hari ini kami berduka cita kepada dr. Loaly, kolega muda kami, yang jatuh saat menjalankan tugasnya merawat seorang pasien dengan #Covid19,” kata Kepala Rumah Sakit Utama yang merawat pasien COVID-19 di Beirut, Firass Abiad, dalam sebuah cuitan.

“Kami telah mengambil sumpah dan bersedia mengorbankan semua untuk pasien kami. Namun ini tidak menghilangkan sakit hati atau membuat kehilangan toleransi,” cuit Direktur Rumah Sakit Rafik Hariri.

Libanon secara resmi mencatat 2.800 kasus positif COVID-19 dengan 40 kematian. Secara bertahap, negara itu mencabut lockdown dan membuka Bandara Beirut untuk penerbangan komersial di awal Juli, setelah ditutup lebih dari tiga bulan.

Selama dua minggu terakhir, tingkat infeksi harian di Libanon meningkat dengan lusinan kasus baru yang diumumkan setiap hari. Pada 12 Juli lalu, pemerintah Libanon mengumumkan 166 kasus baru, termasuk 133 pekerja sanitasi.

Di puncak musim panas, sejumlah pantai dan bar di negara itu kembali dipadati masyarakat setempat. Menteri Kesehatan Libanon Hamad Hassan memperingatkan kemungkinan kembali lockdown dan mengunci “perilaku masyarakat” serta ketidakpatuhan terhadap social distancing.

Pandemi membuat Libanon menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Banyak pihak mengkhawatirkan sektor kesehatan tidak bisa mengatasi lonjakan kasus di negara itu.

(azr/azr)

Share this article

Recent posts

Bupati Apresiasi Bantuan Pertamina untuk Korban Longsor Sumedang

Pascabencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan sembako dan logistik lainnya yang akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang.

Sapa yang Kehilangan Uang Bermain Lotre?

Apakah Anda percaya kalau pemenang lotere seluruhnya kaya atau hanya ada sedikit pemenang? Jika Anda tidak berpikir demikian, informasi berikut dapat merapikan...

Memengaruhi Dengan Cacing – Teknik Memancing Cacing palolo Hidup Sungai Menggelitik

Faktanya, sekitar 15 juta orang Kanada memainkan game tersebut secara rutin. Tetapi, kali ini saya akan sangat husus dan menggunakan tiruan dari...

4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Lantik Anggota PAW, Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Haluan Negara

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik anggota MPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW) Bimantoro Wiyono. Dalam pelantikan tersebut, Bamsoet mengingatkan gagasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), sebagaimana direkomendasikan MPR RI 2014-2019, perlu diwujudkan pada masa jabatan MPR RI 2019-2024.

Popular categories

Recent comments