Dokter Muda di Libanon Jadi Tenaga Medis Pertama yang Gugur karena Corona

-

Beirut

Seorang dokter muda menjadi tenaga medis pertama Libanon yang meninggal karena virus Corona (COVID-19). Meninggalnya dokter muda itu saat Libanon menghadapi peningkatan kasus infeksi harian.

Dilansir dari AFP, Senin (20/7/2020), Kantor Berita Nasional mengatakan dokter muda berusia 32 tahun itu bernama Loay Ismail. Pernyataan itu menyebutkan Ismail “meninggal karena virus Corona di Rumah Sakit Nabih Berri di Nabatiyeh”, Libanon Selatan.

Sementara, rumah sakit Lebanon-Italia tempatnya bekerja mengatakan Ismail tertular penyakit “saat menjalankan tugas medis dan kemanusiaan”.

“Hari ini kami berduka cita kepada dr. Loaly, kolega muda kami, yang jatuh saat menjalankan tugasnya merawat seorang pasien dengan #Covid19,” kata Kepala Rumah Sakit Utama yang merawat pasien COVID-19 di Beirut, Firass Abiad, dalam sebuah cuitan.

“Kami telah mengambil sumpah dan bersedia mengorbankan semua untuk pasien kami. Namun ini tidak menghilangkan sakit hati atau membuat kehilangan toleransi,” cuit Direktur Rumah Sakit Rafik Hariri.

Libanon secara resmi mencatat 2.800 kasus positif COVID-19 dengan 40 kematian. Secara bertahap, negara itu mencabut lockdown dan membuka Bandara Beirut untuk penerbangan komersial di awal Juli, setelah ditutup lebih dari tiga bulan.

Selama dua minggu terakhir, tingkat infeksi harian di Libanon meningkat dengan lusinan kasus baru yang diumumkan setiap hari. Pada 12 Juli lalu, pemerintah Libanon mengumumkan 166 kasus baru, termasuk 133 pekerja sanitasi.

Di puncak musim panas, sejumlah pantai dan bar di negara itu kembali dipadati masyarakat setempat. Menteri Kesehatan Libanon Hamad Hassan memperingatkan kemungkinan kembali lockdown dan mengunci “perilaku masyarakat” serta ketidakpatuhan terhadap social distancing.

Pandemi membuat Libanon menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Banyak pihak mengkhawatirkan sektor kesehatan tidak bisa mengatasi lonjakan kasus di negara itu.

(azr/azr)

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments