Ada Cluster Baru Corona di Xinjiang, China Lakukan Tes Massal

-

Beijing

Otoritas China menghadapi kemunculan cluster baru virus Corona (COVID-19) di wilayah Xinjiang, China. Untuk menghalau cluster tersebut semakin luas, otoritas China melakukan pemeriksaan kesehatan tes massal di Xinjiang.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (19/7/2020), kasus-kasus baru menggambarkan kesulitan yang terus menerus dihadapi Cina dalam memberantas penularan virus Corona, di mana virus itu muncul pertama kali di pusat Kota Wuhan pada akhir tahun lalu sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Tes massal dilakukan sehari setelah pihak berwenang membatasi sebagian besar penerbangan ke Urumqi dan menutup layanan kereta bawah tanah lokal serta angkutan umum. Urumqi telah mencatat 17 kasus virus Corona baru pada Sabtu (18/7), kata pihak berwenang dalam sebuah pertemuan.

Menurut Kepala Komisi Kesehatan setempat Zhang Wei, pemeriksaan massal dimulai di sebuah bangunan yang telah melaporkan kasus baru dan akhirnya mencakup semua Urumqi.

“Seluruh kota telah memasuki ‘negara masa perang’, dan akan menangguhkan semua jenis kegiatan kelompok,” kata seorang pejabat pada saat pertemuan itu, menurut laporan media pemerintah.

Penduduk Urumqi juga didesak untuk tidak meninggalkan kota kecuali benar-benar diperlukan. Penguncian ketat di seluruh negeri China dan pengujian virus Corona yang luas, membawa dampak pandemi Corona di bawah kendali.

Tetapi sebuah cluster baru muncul di Beijing pada bulan Juni lalu dan menginfeksi lebih dari 330 orang. Xinjiang sendiri adalah salah satu daerah pertama yang mengizinkan siswa kembali ke sekolah pada akhir Maret setelah pihak berwenang menyatakan diakhirinya gelombang awal wabah COVID-19.

(rfs/rfs)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments