Kanker Hati Kambuh, Hakim Agung AS Jalani Kemoterapi

-

Washington

Hakim Agung Amerika Serikat (AS), Ruth Bader Ginsburg mengungkapkan bahwa dirinya sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Dia mengatakan sedang melakukan kemoterapi karena kanker hati yang diidapnya kambuh.

Dilansir AFP Sabtu (18/7/2020), pria yang berusia 87 tahun itu mengatakan dia akan tetap bertugas di pengadilan “selama saya bisa melakukan pekerjaan dengan penuh semangat”.

“Saya tetap sepenuhnya bisa melakukan itu,” kata Ginsburg dalam sebuah pernyataan.

Ginsburg mengatakan program imunoterapi untuk membersihkan sisa lesi pada hatinya tidak berhasil. Namun kemoterapi yang dijalaninya “menunjukkan hasil positif”.

Ginsburg mengatakan biopsi pada Februari menimbulkan lesi pada hatinya dan dia mulai melakukan imunoterapi pada Mei. Namun upaya itu tidak berhasil, kemudian dia memulai untuk kemoterapi.

“Hasil ct scan terbaru saya pada 7 Juli menunjukkan pengurangan yang signifikan dari lesi hati dan tidak ada penyakit baru,” kata Ginsburg.

Kesehatan hakim liberal ini diawasi ketat ketika pemerintah Donald Trump mencari peluang untuk mengubah pengadilan ke arah yang lebih konservatif. Di mana upaya itu berpotensi akan mengubah hukum di AS dan kebijakan sosial selama beberapa dekade.

Ginsburg diketahui masih berpegang teguh pada jabatannya meski usianya sudah tua. Dia menyadari bahwa ketika dia tak lagi menjabat, bisa mengubah lanskap peradilan AS.

(lir/lir)

Share this article

Recent posts

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa: Solidaritas Lebih Berharga dari Banyak Hal

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyampaikan belasungkawa kepada Yunani setelah gempa Magnitudo (M) 7 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Bela Mahathir Soal Cuitan Kontroversial, Najib: Dia Tak Bermaksud Begitu

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membela sesama mantan PM, Mahathir Mohamad atas cuitan kontroversialnya yang dihapus Twitter.

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Popular categories

Recent comments