Perdana Menteri Tunisia Mundur Usai Konflik Politik

-

Tunis

Perdana menteri Tunisia, Elyes Fakhfakh resmi mengundurkan diri. Peristiwa itu terjadi usai perselisihannya dengan partai pemenang pemilu, Partai Ennahdha.

Dilansir dari AFP, menurut dua sumber resmi yang tidak ingin disebutkan mananya, Fakhfakh menyatakan mundur pada Rabu (15/7/2020).

Fakhfakh, yang sedang diselidiki soal konflik kepentingan, telah membuat hubungan renggang dengan Partai Ennahdha. Ennahdha merupakan partai pemenang pemilihan legislatif pada Oktober 2019. Namun mereka tidak menguasai parlemen secara mutlak. Mereka memiliki 54 dari 217 kursi di parlemen.

Sebelum Fakhfakh mundur, Partai Ennahdha Rabu (15/7) mengajukan mosi tidak percaya terhadap Fakhfakh. Di bawah konstitusi Tunisia, mosi tidak percaya hanya bisa berhasil jika parlemen secara bersamaan menyetujui perdana menteri lainnya.

Ennahdha mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memulai negosiasi untuk menemukan seorang kandidat yang dapat diterima oleh mayoritas anggota parlemen.

Ekonomi Tunisia yang sudah rapuh sejak itu dipukuli oleh pandemi virus Corona (COVID-19).

Fakhfakh, pemimpin sebuah partai sosial demokrat kecil, telah diselidiki atas dugaan kegagalan menyerahkan kendali atas saham yang dimilikinya di perusahaan swasta yang telah memenangkan kontrak publik dalam beberapa bulan terakhir.

“Situasi ekonomi dan sosial sangat serius dan hanya dapat diatasi oleh pemerintah yang kepalanya tidak dicurigai memiliki konflik kepentingan,” kata seorang pejabat senior Ennahdha, Abdelkarim Harouni, pada konferensi pers, Senin (13/7).

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa: Solidaritas Lebih Berharga dari Banyak Hal

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyampaikan belasungkawa kepada Yunani setelah gempa Magnitudo (M) 7 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Bela Mahathir Soal Cuitan Kontroversial, Najib: Dia Tak Bermaksud Begitu

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membela sesama mantan PM, Mahathir Mohamad atas cuitan kontroversialnya yang dihapus Twitter.

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Popular categories

Recent comments