Perdana Menteri Tunisia Mundur Usai Konflik Politik

-

Tunis

Perdana menteri Tunisia, Elyes Fakhfakh resmi mengundurkan diri. Peristiwa itu terjadi usai perselisihannya dengan partai pemenang pemilu, Partai Ennahdha.

Dilansir dari AFP, menurut dua sumber resmi yang tidak ingin disebutkan mananya, Fakhfakh menyatakan mundur pada Rabu (15/7/2020).

Fakhfakh, yang sedang diselidiki soal konflik kepentingan, telah membuat hubungan renggang dengan Partai Ennahdha. Ennahdha merupakan partai pemenang pemilihan legislatif pada Oktober 2019. Namun mereka tidak menguasai parlemen secara mutlak. Mereka memiliki 54 dari 217 kursi di parlemen.

Sebelum Fakhfakh mundur, Partai Ennahdha Rabu (15/7) mengajukan mosi tidak percaya terhadap Fakhfakh. Di bawah konstitusi Tunisia, mosi tidak percaya hanya bisa berhasil jika parlemen secara bersamaan menyetujui perdana menteri lainnya.

Ennahdha mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memulai negosiasi untuk menemukan seorang kandidat yang dapat diterima oleh mayoritas anggota parlemen.

Ekonomi Tunisia yang sudah rapuh sejak itu dipukuli oleh pandemi virus Corona (COVID-19).

Fakhfakh, pemimpin sebuah partai sosial demokrat kecil, telah diselidiki atas dugaan kegagalan menyerahkan kendali atas saham yang dimilikinya di perusahaan swasta yang telah memenangkan kontrak publik dalam beberapa bulan terakhir.

“Situasi ekonomi dan sosial sangat serius dan hanya dapat diatasi oleh pemerintah yang kepalanya tidak dicurigai memiliki konflik kepentingan,” kata seorang pejabat senior Ennahdha, Abdelkarim Harouni, pada konferensi pers, Senin (13/7).

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Bupati Apresiasi Bantuan Pertamina untuk Korban Longsor Sumedang

Pascabencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan sembako dan logistik lainnya yang akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang.

Sapa yang Kehilangan Uang Bermain Lotre?

Apakah Anda percaya kalau pemenang lotere seluruhnya kaya atau hanya ada sedikit pemenang? Jika Anda tidak berpikir demikian, informasi berikut dapat merapikan...

Memengaruhi Dengan Cacing – Teknik Memancing Cacing palolo Hidup Sungai Menggelitik

Faktanya, sekitar 15 juta orang Kanada memainkan game tersebut secara rutin. Tetapi, kali ini saya akan sangat husus dan menggunakan tiruan dari...

4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Lantik Anggota PAW, Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Haluan Negara

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik anggota MPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW) Bimantoro Wiyono. Dalam pelantikan tersebut, Bamsoet mengingatkan gagasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), sebagaimana direkomendasikan MPR RI 2014-2019, perlu diwujudkan pada masa jabatan MPR RI 2019-2024.

Popular categories

Recent comments