Erdogan Menolak Kritik atas Diubahnya Hagia Sophia Menjadi Masjid

-

Istanbul

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak kritik dan kecaman dari seluruh dunia atas keputusan Turki mengubah Hagia Sophia menjadi masjid. Erdogan menyebut keputusan Hagia Sophia menjadi masjid itu mewakili keinginan negaranya untuk menggunakan hak kedaulatan.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/7/2020). Erdogan menuai kritik dari sejumlah negara dan lembaga karena mengumumkan Hagia Sophia diubah menjadi masjid mulai pada 24 Juli.

Erdogan sejak lama telah berulang kali menyerukan agar bangunan yang menakjubkan itu diganti namanya menjadi masjid dan pada 2018 ia membacakan sebuah ayat dari Alquran di Hagia Sophia.

“Mereka tidak mengambil langkah melawan islamofobia di negara mereka sendiri … menyerang kehendak Turki untuk menggunakan hak-hak kedaulatannya,” kata Erdogan saat upacara yang ia hadiri melalui konferensi video.

Sebagai daya tarik bagi wisatawan di seluruh dunia, Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453.

Pengumuman Erdogan datang setelah pengadilan tinggi membatalkan keputusan kabinet 1934 di bawah pendiri Turki modern Mustafa Kemal Ataturk untuk melestarikan Hagia Sophia yang diubah dari gereja ke masjid menjadi museum.

Pengadilan tinggi Turki memutuskan bahwa “tidak ada ketentuan apa pun dalam konvensi (tentang Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia) yang mencegah…penggunaan Hagia Sophia sesuai dengan hukum domestik.”

Share this article

Recent posts

Orde Lotere dan Program Visa Keberagaman

Lotre adalah jenis betting yang melibatkan penarikan nomor tertentu dengan acak untuk kado tertentu. Sementara penuh pemerintah melegalkan lotere, beberapa masih mematahkan...

Cara Bermain Singapore Lotto

Lotre bukan hanya untuk kesenangan & permainan: ini merupakan salah satu wujud perjudian tertua pada dunia, setidaknya sejak abad ke-12. Pada Singapura,...

TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Cara Membeli Tiket Lotere Secara Efektif

Oleh sebab itu Anda ingin menyidik undian Lotere Negara setempat? Mudah. Ikuti saja langkah-langkah itu. Pertama, buat Acara Anda, lalu kontak Eksekutif...

Secercah Harapan dari Embung Grigak bagi Petani Gunung Kidul

Seorang petani di Pantai Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta, Wasiman, memandang lahan padi yang ia garap. Setiap bertani, ia selalu menyelipkan doa agar tanaman yang ia garap tumbuh subur. Sebagai petani yang mengandalkan perairan dari air hujan, Wasiman memang tak bisa menanam sepanjang tahun. Jadi, setiap kali bisa menanam, ia berharap agar lahannya bisa panen besar.

Popular categories

Recent comments