Satu Kaki AS Sudah di Luar Organisasi Kesehatan Dunia

-

Jenewa

Satu kaki Amerika Serikat (AS) tak berpijak di Badan Kesehatan Dunia (WHO) ketika secara resmi proses keluarnya AS sudah dimulai. Pemerintahan Presiden Donald Trump baru tinggal memenuhi beberapa kewajiban agar sepenuhnya keluar dari WHO.

Sebagaimana dilansir dari AFP dan CNN, Rabu (8/7/2020), seorang juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS dan seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya menyatakan bahwa AS telah memberitahu Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, bahwa AS akan secara efektif keluar dari WHO pada tahun depan.

“Pemberitahuan penarikan diri Amerika Serikat, efektif pada 6 Juli 2021, telah diserahkan kepada Sekretaris Jenderal PBB, yang merupakan depository untuk WHO,” sebut seorang pejabat Deplu AS yang enggan disebut namanya.

Laporan Associated Press (AP) menyebut bahwa pihak Deplu AS dan PBB menyatakan bahwa pemberitahuan soal penarikan diri dari WHO itu dikirimkan kepada Guterres pada Senin (6/7) waktu setempat. Namun, baru akan berlaku efektif dalam setahun ke depan.

Di bawah ketentuan penarikan diri, AS harus memenuhi kewajiban finansial kepada WHO sebelum semua prosesnya diselesaikan. AS yang merupakan penyumbang terbesar bagi WHO, diketahui membayar lebih dari US$ 450 juta per tahun. Saat ini, AS diketahui masih harus membayar kewajiban sebesar US$ 200 juta kepada WHO.

Diketahui bahwa pada 29 Mei lalu, Trump mengumumkan AS akan keluar dari WHO karena hal yang disebutnya sebagai respons tidak memadai untuk awal pandemi virus Corona (COVID-19) yang pertama muncul di Wuhan, China, akhir tahun lalu.

Share this article

Recent posts

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

Capes AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan vaksin virus Corona akan digratiskan untuk seluruh warga jika dirinya terpilih jadi Presiden AS.

Jelang Pilpres, Peretas Rusia Serang Jaringan Pemerintah AS

Para peretas yang disponsori Rusia dilaporkan berupaya menyusup ke dalam jaringan komputer pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal di AS.

Demi Dicoret dari Daftar Sponsor Teroris, Sudan Transfer Rp 4,9 T ke AS

Pembayaran kompensasi US$ 335 juta (Rp 4,9 triliun) merupakan bagian dari kesepakatan dengan AS agar Sudan dihapus dari daftar sponsor terorisme.

Guru Prancis Dipenggal, Macron Desak Putin Tingkatkan Kerjasama Antiteror

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meningkatkan kerja sama guna memerangi terorisme dan imigran ilegal.

Penumpang Wajib Tes Corona di Bandara Sebelum Terbang Keluar Inggris

Para penumpang akan menjalani tes virus Corona (COVID-19) selama satu jam di bandara sebelum bisa terbang keluar dari Inggris.

Popular categories

Recent comments