Vietnam Penjarakan Pengguna Facebook Karena Unggahan Pro-demokrasi

-

Jakarta

Pemerintah Vietnam memenjarakan pemuda, Nguyen Quoc Duc Vuong karena unggahan pro-demokrasi di media sosial Facebook. Dia dipenjara selama depan tahun karena tindakan tersebut.

Dilansir dari AFP, Selasa (7/7/2020), pria tersebut dituduh mencemarkan nama baik pemimpin negara tersebut dengan unggahan pro-demokrasi. Putusan pengadilan kilat tersebut dibacakan pada Selasa (7/7). Kelompok-kelompok hak asasi manusia memprotes sidang kilat tersebut.

Penahanan sejumlah jurnalis dan aktivis dalam beberapa bulan terakhir di Vietnam. Peristiwa itu terjadi menjelang kongres Partai Komunis yang berkuasa, yang dijadwalkan Januari 2021 mendatang.

Human Right Watch, menyebut, pria usia 29 tahun itu berbicara tentang dukungan terhadap demokrasi di Vietnam dan berbagai berita tentang protes pro-demokrasi di Hong Kong sebelum penangkapannya September lalu. Wakil direktur Human Rights Watch Asia Phil Robertson mengatakan hukuman Vuong “keterlaluan dan tidak dapat diterima”.

“Pemerintah Vietnam harus menghentikan tindakan keras terhadap para blogger dan aktivis, dan membebaskan semua orang yang telah mereka tahan karena mereka berani mengatakan apa yang dipikirkan,” tambahnya.

Sehari sebelumnya pengadilan yang sama menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada tujuh orang lain karena dituduh bermaksud menggulingkan partai Komunis.

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Raja Malaysia Tolak Tetapkan Keadaan Darurat, PM Muhyiddin Didesak Mundur

PM Malaysia, Muhyiddin Yassin, menghadapi seruan mundur setelah Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah, menolak permintaannya untuk menetapkan keadaan darurat.

Meninggal di Usia 38 Tahun, Ini Sosok Pangeran Brunei Abdul Azim

Pangeran Brunei Abdul Azim meninggal di usia 38 tahun. Seperti apa sosoknya?

Popular categories

Recent comments