Vietnam Penjarakan Pengguna Facebook Karena Unggahan Pro-demokrasi

-

Jakarta

Pemerintah Vietnam memenjarakan pemuda, Nguyen Quoc Duc Vuong karena unggahan pro-demokrasi di media sosial Facebook. Dia dipenjara selama depan tahun karena tindakan tersebut.

Dilansir dari AFP, Selasa (7/7/2020), pria tersebut dituduh mencemarkan nama baik pemimpin negara tersebut dengan unggahan pro-demokrasi. Putusan pengadilan kilat tersebut dibacakan pada Selasa (7/7). Kelompok-kelompok hak asasi manusia memprotes sidang kilat tersebut.

Penahanan sejumlah jurnalis dan aktivis dalam beberapa bulan terakhir di Vietnam. Peristiwa itu terjadi menjelang kongres Partai Komunis yang berkuasa, yang dijadwalkan Januari 2021 mendatang.

Human Right Watch, menyebut, pria usia 29 tahun itu berbicara tentang dukungan terhadap demokrasi di Vietnam dan berbagai berita tentang protes pro-demokrasi di Hong Kong sebelum penangkapannya September lalu. Wakil direktur Human Rights Watch Asia Phil Robertson mengatakan hukuman Vuong “keterlaluan dan tidak dapat diterima”.

“Pemerintah Vietnam harus menghentikan tindakan keras terhadap para blogger dan aktivis, dan membebaskan semua orang yang telah mereka tahan karena mereka berani mengatakan apa yang dipikirkan,” tambahnya.

Sehari sebelumnya pengadilan yang sama menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada tujuh orang lain karena dituduh bermaksud menggulingkan partai Komunis.

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Bupati Apresiasi Bantuan Pertamina untuk Korban Longsor Sumedang

Pascabencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan sembako dan logistik lainnya yang akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang.

Sapa yang Kehilangan Uang Bermain Lotre?

Apakah Anda percaya kalau pemenang lotere seluruhnya kaya atau hanya ada sedikit pemenang? Jika Anda tidak berpikir demikian, informasi berikut dapat merapikan...

Memengaruhi Dengan Cacing – Teknik Memancing Cacing palolo Hidup Sungai Menggelitik

Faktanya, sekitar 15 juta orang Kanada memainkan game tersebut secara rutin. Tetapi, kali ini saya akan sangat husus dan menggunakan tiruan dari...

4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Lantik Anggota PAW, Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Haluan Negara

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik anggota MPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW) Bimantoro Wiyono. Dalam pelantikan tersebut, Bamsoet mengingatkan gagasan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), sebagaimana direkomendasikan MPR RI 2014-2019, perlu diwujudkan pada masa jabatan MPR RI 2019-2024.

Popular categories

Recent comments