Beijing Berjuang Lawan Klaster Baru, China Lockdown Setengah Juta Warga

-

Beijing

China memberlakukan lockdown ketat terhadap hampir setengah juta orang di sebuah provinsi di sekitar ibu kota. Pemerintah memperingatkan wabah Corona masih ‘parah dan rumit.’

Untuk diketahui, ratusan orang telah terinfeksi di Beijing dan beberapa kasus muncul di provinsi tetangga, Hebei, dalam beberapa pekan terakhir, setelah sebelumnya China berhasil mengendalikan pandemi ini.

Dilansir AFP, Minggu (28/6/2020), pejabat kesehatan mengatakan bahwa wilayah Anxin–sekitar 150 kilometer dari Beijing–akan ‘sepenuhnya tertutup dan dikendalikan’. Ini adalah langkah-langkah ketat yang pernah diterapkan pada puncak pandemi di Wuhan awal tahun ini.

Satuan tugas wilayah tersebut mengatakan hanya satu orang dari setiap keluarga yang diperbolehkan keluar sehari sekali untuk membeli kebutuhan seperti makanan dan obat-obatan.

Langkah ini diambil setelah 14 kasus virus tersebut dilaporkan dalam 24 jam terakhir di Beijing, totalnya 311 sejak pertengahan Juni dan memacu pengujian terhadap jutaan penduduk.

Wabah ini pertama kali terdeteksi di pasar makanan grosir Xinfadi Beijing yang memasok banyak produk segar kota. Sejauh ini, hampir sepertiga dari kasus telah dikaitkan dengan satu bagian daging sapi dan kambing di pasar, di mana para pekerja harus dikarantina selama sebulan, kata pejabat kota.

Kantor berita Xinhua melaporkan bisnis di Anxin memasok ikan air tawar ke pasar Xinfadi. Sekitar 12 kasus virus corona baru ditemukan di daerah–termasuk 11 yang terkait dengan Xinfadi, demikian laporan Global Times yang dikelola pemerintah.

Kasus-kasus baru di Beijing telah memicu kekhawatiran soal kebangkitan virus Corona di China. Beijing telah melakukan uji massal kepada pekerja restoran, penghuni lingkungan menengah dan berisiko tinggi dan kurir pengiriman di pasar selama dua minggu terakhir.

Tonton juga video ‘Hadapi Gelombang Kedua Covid-19, Beijing Gelar Test Massal’:

Share this article

Recent posts

Skandal Seks di Jok Mobil yang Bikin PBB Gondok

Viral video yang menunjukkan kegiatan seksual di jok mobil berlogo PBB. PBB dibuat gondok oleh aksi yang diduga dilakukan oleh stafnya tersebut.

Blunder Bikin Menkes Negeri Biri-biri Mengundurkan Diri

Menkes asal negeri biri-biri itu mengaku telah 'memicu gangguan yang tidak membantu'. Inilah alasan dia memilih mundur.

Keras Kepala China saat UU Keamanan Hong Kong Dikritik Dunia

UU Keamanan Nasional Hong Kong yang disahkan oleh China menuai kritik dari dunia. Namun, China tetap bersikeras untuk memberlakukan UU kontroversial ini.

Presiden Kosovo Siap Balik Kanan Bila Kejahatan Perang Terbukti di Putusan

Presiden Kosovo Hashim Thaci didakwa melakukan kejahatan perang, salah satunya pembunuhan. Thaci membantah dakwaan itu dan siap mundur jika terbukti.

Aksi Ngawur Politikus Brasil Endus Celana Dalam Perempuan

Entah apa yang ada di dalam kepala Ditinho do Asilo ketika dia memamerkan aksi ngawur dengan mengendus celana dalam perempuan.

Popular categories

Recent comments