Gerhana Matahari Cincin Api Lintasi Afrika hingga Asia

-

Jakarta

Fenomena gerhana matahari cincin api atau ring of fire akan terjadi hari ini. Sejumlah negara di sepanjang jalur sempit bumi dari Afrika barat ke Semenanjung Arab, India dan China pun dapat menyaksikan fenomena itu.

Dilansir AFP, Minggu (21/6/2020), gerhana annular itu terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris. Fenomena itu membuat cahaya matahari terhalang oleh bulan. Sehingga sinar matahari tidak bisa sepenuhnya sampai ke bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Fenomena ini terjadi setiap satu atau dua tahun sekali. Gerhana matahari cincin ini juga hanya dapat dilihat dari jalur sempit di bumi.

Gerhana matahari cincin api pertama kali akan terlihat di Republik Kongo timur laut pada pukul 5.56 waktu setempat (04.56 GMT) hanya beberapa menit setelah matahari terbit. Ini adalah titik durasi maksimum, dengan blackout berlangsung 1 menit dan 22 detik.
Data HK

Share this article

Recent posts

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa: Solidaritas Lebih Berharga dari Banyak Hal

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyampaikan belasungkawa kepada Yunani setelah gempa Magnitudo (M) 7 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Bela Mahathir Soal Cuitan Kontroversial, Najib: Dia Tak Bermaksud Begitu

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membela sesama mantan PM, Mahathir Mohamad atas cuitan kontroversialnya yang dihapus Twitter.

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Popular categories

Recent comments