Gerhana Matahari Cincin Api Lintasi Afrika hingga Asia

-

Jakarta

Fenomena gerhana matahari cincin api atau ring of fire akan terjadi hari ini. Sejumlah negara di sepanjang jalur sempit bumi dari Afrika barat ke Semenanjung Arab, India dan China pun dapat menyaksikan fenomena itu.

Dilansir AFP, Minggu (21/6/2020), gerhana annular itu terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris. Fenomena itu membuat cahaya matahari terhalang oleh bulan. Sehingga sinar matahari tidak bisa sepenuhnya sampai ke bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Fenomena ini terjadi setiap satu atau dua tahun sekali. Gerhana matahari cincin ini juga hanya dapat dilihat dari jalur sempit di bumi.

Gerhana matahari cincin api pertama kali akan terlihat di Republik Kongo timur laut pada pukul 5.56 waktu setempat (04.56 GMT) hanya beberapa menit setelah matahari terbit. Ini adalah titik durasi maksimum, dengan blackout berlangsung 1 menit dan 22 detik.
Data HK

Share this article

Recent posts

Orde Lotere dan Program Visa Keberagaman

Lotre adalah jenis betting yang melibatkan penarikan nomor tertentu dengan acak untuk kado tertentu. Sementara penuh pemerintah melegalkan lotere, beberapa masih mematahkan...

Cara Bermain Singapore Lotto

Lotre bukan hanya untuk kesenangan & permainan: ini merupakan salah satu wujud perjudian tertua pada dunia, setidaknya sejak abad ke-12. Pada Singapura,...

TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Cara Membeli Tiket Lotere Secara Efektif

Oleh sebab itu Anda ingin menyidik undian Lotere Negara setempat? Mudah. Ikuti saja langkah-langkah itu. Pertama, buat Acara Anda, lalu kontak Eksekutif...

Secercah Harapan dari Embung Grigak bagi Petani Gunung Kidul

Seorang petani di Pantai Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta, Wasiman, memandang lahan padi yang ia garap. Setiap bertani, ia selalu menyelipkan doa agar tanaman yang ia garap tumbuh subur. Sebagai petani yang mengandalkan perairan dari air hujan, Wasiman memang tak bisa menanam sepanjang tahun. Jadi, setiap kali bisa menanam, ia berharap agar lahannya bisa panen besar.

Popular categories

Recent comments