Brasil Ancam Keluar dari WHO, Trump Klaim AS Lewati Pandemi Corona

-

Jakarta

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengancam akan menarik negaranya keluar dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Sementara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim AS telah melewati situasi terburuk pandemi Corona.

Ancaman keluar dari WHO dilontarkan Bolsonaro setelah menuduh WHO memiliki ‘bias ideologis’. Langkah ini mengikuti jejak Trump, yang pekan lalu mengumumkan bahwa AS memutuskan hubungan dengan WHO usai menuduh badan kesehatan PBB itu cenderung menguntungkan China.

Dalam komentar terbaru di Gedung Putih, Trump mengklaim AS telah melewati situasi terburuk dari pandemi virus Corona. Trump juga menyebut bahwa perekonomian akan pulih lebih cepat jika otoritas negara bagian dan otoritas lokal mengakhiri lockdown.

Komentar Trump disampaikan setelah pada Jumat (5/6) waktu setempat, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa negara ini memperoleh 2,5 juta pekerjaan pada bulan Mei. Angka pengangguran dilaporkan menurun ke 13,3 persen, setelah banyak orang kehilangan pekerjaan dalam beberapa bulan sebelumnya akibat virus Corona.

Berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (6/6/2020):

– Ikut Aksi Solidaritas George Floyd, PM Kanada Berlutut Bersama Demonstran

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, bergabung dengan ribuan orang yang menggelar aksi solidaritas untuk warga Amerika Serikat (AS) yang memprotes rasialisme dan kebrutalan polisi usai kematian George Floyd. Dalam aksi di depan gedung parlemen Kanada itu, Trudeau ikut berlutut bersama demonstran.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (6/6/2020), kemunculan Trudeau dalam aksi solidaritas ini menjadi kemunculan publik yang langka sejak pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela. Trudeau tampak memakai masker saat ikut aksi solidaritas di luar gedung parlemen pada Jumat (5/6) waktu setempat.

Sambil memegang sebuah kaos bertuliskan ‘Black Lives Matter’, Trudeau ikut meneriakkan slogan bersama demonstran lainnya. Dia juga ikut aksi hening selama 8 menit 46 detik, yang menyimbolkan momen saat leher Floyd ditindih dengan lutut seorang polisi kulit putih di Minneapolis hingga akhirnya tewas, pekan lalu.

– Sebut ‘Hari Hebat’ untuk George Floyd, Trump Picu Kontroversi Baru

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memicu kontroversi baru setelah menyebut ‘hari hebat’ untuk George Floyd dalam pidato terbarunya di Gedung Putih. Kalimat dan kata-kata Trump itu memicu kritikan dari berbagai pihak.

“Kita semua melihat apa yang terjadi pekan lalu. Kita tidak bisa membiarkan hal seperti itu terjadi,” ujar Trump merujuk pada Floyd yang tewas di tangan polisi Minneapolis pada 25 Mei lalu. Hal ini disampaikan Trump dalam pidato terbaru di Rose Garden, Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Sabtu (6/6/2020).

“Semoga George memandang ke bawah sekarang dan mengatakan, ‘Ini hal yang hebat yang terjadi pada negara kita sekarang’. Hari yang hebat untuknya. Ini hari yang hebat untuk semua orang,” sebut Trump.

Pidato Trump yang disampaikan pada Jumat (5/6) waktu setempat, atau sekitar 11 hari setelah kematian Floyd di tangan polisi Minneapolis, memicu kebingungan soal mengapa Trump berpikir ini hari yang hebat untuk Floyd.

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments