Ayatollah Khamenei: Kasus George Floyd Tunjukkan Wajah AS Sebenarnya

-

Teheran

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyebut pembunuhan seorang pria kulit hitam di Amerika Serikat (AS), George Floyd, yang tidak bersenjata oleh polisi telah menunjukkan ‘wajah sebenarnya’ AS dan penindasannya terhadap orang-orang di dunia.

“Fakta bahwa seorang polisi berdarah dingin menekan lututnya ke leher seorang pria kulit hitam hingga dia tewas dan bahwa polisi-polisi lainnya mengawasi tanpa melakukan apapun, bukanlah hal baru,” ucap Khamenei dalam pernyataan yang disiarkan televisi nasional Iran, seperti dilansir AFP, Kamis (4/6/2020).

“Ini adalah wajah sebenarnya dari Amerika, itulah yang selalu dilakukan (AS) di seluruh dunia — di Afghanistan, Irak, Suriah dan negara-negara lain, dan sebelum itu, di Vietnam,” ujarnya.

“Ini adalah tindakan normal dari Amerika Serikat, ini adalah wajah sebenarnya dari rezim mereka,” imbuh Khamenei.

“Ini adalah kenyataan yang selalu disamarkan atau disembunyikan, tapi itu bukan hal baru,” ujar Khamenei dalam pidato memperingati 31 tahun meninggalkan pendahulunya, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

Kematian Floyd di Minneapolis pada 25 Mei lalu memicu unjuk rasa besar-besaran di berbagai wilayah AS selama sepekan terakhir. Presiden AS, Donald Trump, telah memerintahkan militer AS untuk dikerahkan.

Simak video ‘4 Polisi Minneapolis Resmi Didakwa atas Pembunuhan George Floyd’:

Share this article

Recent posts

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa: Solidaritas Lebih Berharga dari Banyak Hal

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyampaikan belasungkawa kepada Yunani setelah gempa Magnitudo (M) 7 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Bela Mahathir Soal Cuitan Kontroversial, Najib: Dia Tak Bermaksud Begitu

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membela sesama mantan PM, Mahathir Mohamad atas cuitan kontroversialnya yang dihapus Twitter.

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Popular categories

Recent comments