Paus Fransiskus Berdoa untuk Orang-orang Amazon yang ‘Rentan’ Corona

-

Vatikan

Paus Fransiskus menyuarakan keprihatinannya terhadap orang-orang Amazon yang disebutnya ‘sangat rentan’ terhadap pandemi virus Corona. Ini disampaikan Paus dalam pidato pertamanya dalam kurun waktu hampir 3 bulan, kepada umat di lapangan Santo Petrus.

“Hari ini, di hari raya Pentakosta, kita menyerukan Roh Kudus untuk memberikan cahaya dan kekuatan kepada gereja dan masyarakat di Amazonia, yang telah diuji dengan keras oleh pandemi itu,” kata Paus Fransiskus seperti dilansir AFP, Minggu (31/5/2020).

“Sangat banyak orang terinfeksi dan tewas, termasuk masyarakat adat yang sangat rentan,” kata Paus.

Krisis virus Corona adalah ancaman baru di Amazon di mana gelombang deforestasi di bawah presiden sayap kanan, Jair Bolsonaro sudah mengancam suku-suku yang terisolasi.

Merujuk kepada Asosiasi Masyarakat Adat Brasil, virus ini telah menyebar melalui 40 kelompok asli dengan 537 kasus infeksi dan 102 kematian. Sensus terakhir dari 2010 menemukan hampir 800.000 penduduk asli di 300 suku yang tinggal di Brasil.

Paus berbicara kepada umat Katolik dari jendelanya yang menghadap ke alun-alun untuk pertama kalinya sejak 10 Maret.

(gbr/zak)

Share this article

Recent posts

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

Capes AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan vaksin virus Corona akan digratiskan untuk seluruh warga jika dirinya terpilih jadi Presiden AS.

Jelang Pilpres, Peretas Rusia Serang Jaringan Pemerintah AS

Para peretas yang disponsori Rusia dilaporkan berupaya menyusup ke dalam jaringan komputer pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal di AS.

Demi Dicoret dari Daftar Sponsor Teroris, Sudan Transfer Rp 4,9 T ke AS

Pembayaran kompensasi US$ 335 juta (Rp 4,9 triliun) merupakan bagian dari kesepakatan dengan AS agar Sudan dihapus dari daftar sponsor terorisme.

Guru Prancis Dipenggal, Macron Desak Putin Tingkatkan Kerjasama Antiteror

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meningkatkan kerja sama guna memerangi terorisme dan imigran ilegal.

Penumpang Wajib Tes Corona di Bandara Sebelum Terbang Keluar Inggris

Para penumpang akan menjalani tes virus Corona (COVID-19) selama satu jam di bandara sebelum bisa terbang keluar dari Inggris.

Popular categories

Recent comments