Trump Ancam Putus Hubungan, Begini Tanggapan China

-

Beijing

Pemerintah China menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengancam akan memutuskan hubungan AS dengan China terkait pertikaian soal penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Seperti apa tanggapan China?

Seperti dilansir AFP, Jumat (15/5/2020), hubungan dua negara dengan perekonomian terbesar dunia itu memburuk dalam beberapa pekan terakhir. Kedua negara saling adu argumen soal asal-muasal virus Corona, yang telah menewaskan lebih dari 300 ribu orang di berbagai negara, termasuk AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mendorong AS untuk berkompromi dengan China dan memperkuat kerja sama dalam memerangi pandemi virus Corona.

“Menjaga perkembangan stabil untuk hubungan China-AS menjadi kepentingan fundamental bagi rakyat kedua negara, dan itu kondusif bagi perdamaian dan stabilitas dunia,” sebut Zhao dalam press briefing terbaru menanggapi komentar Trump.

“Pada saat ini, China dan AS harus terus memperkuat kerja sama melawan epidemi, mengalahkan epidemi sesegera mungkin, merawat para pasien dan memulihkan perekonomian dan produksi. Tapi itu membutuhkan AS untuk bertemu di tengah jalan dengan China,” imbuhnya.

Komentar Zhao ini disampaikan setelah Trump melontarkan ancaman untuk memutuskan hubungan antara AS dan China saat ketegangan antara kedua negara semakin memburuk karena pandemi Corona.

“Ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Kita bisa melakukan sesuatu. Kita bisa memutuskan seluruh hubungan,” tegas Trump saat ditanya tindakan yang mungkin dilakukan AS terhadap China terkait ketegangan soal pandemi Corona.

“Jika Anda melakukannya, apa yang akan terjadi? Anda akan menyelamatkan US$ 500 miliar jika Anda memutus seluruh hubungan,” sebutnya dalam wawancara dengan Fox Business News pada Kamis (14/5) waktu setempat.

Trump menyebut hubungannya dengan Presiden China, Xi Jinping, sangat baik. “Tapi saya — saat ini saya tidak ingin bicara dengannya,” imbuhnya.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Misteri Perusak Patung Ikon di Sulbar Dirusak Bikin Gempar

Video viral beredar menunjukkan seorang pria bermartil menghancurkan patung di salah satu sudut Polewali Mandar. Misteri masih belum terungkap, kenapa pria itu menghancurkan patung? Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria bermartil memukul-mukul Patung Tani yang tinggi menjulang. Peristiwa ini ternyata mengambil tempat di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar,…

Dua Lembaga BPJS Akan Integrasikan Data Layanan Jaminan Sosial

BPJS Kesehatan dan BPJAMSOSTEK akan mengintegrasikan data layanan program jaminan sosial dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) secara spesifik. Dengan adanya integrasi data tersebut diharapkan akan meningkatkan mutu layanan yang diterima peserta.

Duka Bocah Vino Jadi Yatim Piatu Gegara Corona

Sungguh malang nasib seorang bocah di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, bernama Alviano Dava Raharjo alias Vino. Bocah berusia 10 tahun itu harus kehilangan kedua orang tuanya gara-gara Corona (COVID-19).

Popular categories

Recent comments