AS Tuduh China-Rusia Tebar Konspirasi, Jubir Mike Pence Positif Corona

-

Jakarta

Amerika Serikat (AS) melontarkan tuduhan bahwa China dan Rusia berkoordinasi dalam menyebar konspirasi soal virus Corona (COVID-19). Sementara itu, juru bicara Wakil Presiden AS Mike Pence dinyatakan positif virus Corona.

Departemen Luar Negeri AS melaporkan adanya peningkatan kerja sama dalam ranah propaganda antara China dan Rusia untuk menebar konspirasi soal virus Corona.

Menurut AS, China mengintensifkan kampanye online untuk membela cara penanganan pandemi virus Corona yang dilakukannya dan untuk mengkritik AS. China disebut ‘semakin sering menggunakan teknik yang sejak lama dilakukan Moskow’. Teknik itu disebut ‘menebar perselisihan politik’.

Sementara itu, Katie Miller selaku juru bicara Pence dinyatakan positif virus Corona. Miller diketahui memiliki akses rutin ke dalam rapat-rapat yang dihadiri pejabat tinggi AS. Dia juga merupakan istri dari seorang penasihat senior Presiden AS Donald Trump bernama Stephen Miller.

Berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (9/5/2020):

– AS Tuduh China dan Rusia Berkoordinasi Sebar Konspirasi Virus Corona

Amerika Serikat (AS) kali ini menuduh China dan Rusia bekerja sama dan berkoordinasi dalam menyebar konspirasi soal pandemi virus Corona (COVID-19). AS menyebut China semakin mengadopsi teknik-teknik yang selama ini digunakan oleh Rusia.

“Bahkan sebelum krisis COVID-19, kami menilai ada koordinasi pada level tertentu antara Rusia dan PRC (Republik Rakyat China) dalam ranah propaganda,” sebut koordinator Pusat Keterlibatan Global pada Departemen Luar Negeri AS, Lea Gabrielle, seperti dilansir AFP, Sabtu (9/5/2020). Diketahui bahwa Pusat Keterlibatan Global atau Global Engagement Center pada Deplu AS memiliki tugas untuk melacak propaganda-propaganda asing.

“Tapi dengan adanya pandemi ini, kerja sama itu meningkat pesat,” tutur Gabrielle kepada wartawan setempat.

– Jubir Wapres AS Positif Virus Corona

Katie Miller, yang merupakan juru bicara Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Miller menjadi staf Gedung Putih kedua yang terinfeksi virus Corona dalam sepekan ini.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Sabtu (9/5/2020), Miller yang menjadi jubir untuk Pence diketahui memiliki akses rutin ke dalam rapat-rapat pejabat tinggi AS. Diketahui juga bahwa Miller merupakan istri dari seorang penasihat Presiden AS Donald Trump bernama Stephen Miller.

Informasi awal dari seorang pejabat senior pemerintahan AS yang enggan disebut namanya menyebut satu staf Pence telah diperiksa dan dinyatakan positif virus Corona pada pekan ini. Saat berbicara dalam sebuah acara dengan para anggota parlemen dari Partai Republik, Trump mengidentifikasi staf Pence itu sebagai ‘Katie’ dan menyebutnya bekerja dengan Pence sebagai ‘orang yang mengurusi pers’.

“Dia seorang wanita muda yang luar biasa, Katie, dia dites dengan hasil sangat baik untuk jangka waktu lama dan kemudian tiba-tiba hari ini, dia dinyatakan positif (virus Corona),” ucap Trump dalam pertemuan itu.

Share this article

Recent posts

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Misteri Perusak Patung Ikon di Sulbar Dirusak Bikin Gempar

Video viral beredar menunjukkan seorang pria bermartil menghancurkan patung di salah satu sudut Polewali Mandar. Misteri masih belum terungkap, kenapa pria itu menghancurkan patung? Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria bermartil memukul-mukul Patung Tani yang tinggi menjulang. Peristiwa ini ternyata mengambil tempat di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar,…

Dua Lembaga BPJS Akan Integrasikan Data Layanan Jaminan Sosial

BPJS Kesehatan dan BPJAMSOSTEK akan mengintegrasikan data layanan program jaminan sosial dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) secara spesifik. Dengan adanya integrasi data tersebut diharapkan akan meningkatkan mutu layanan yang diterima peserta.

Duka Bocah Vino Jadi Yatim Piatu Gegara Corona

Sungguh malang nasib seorang bocah di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, bernama Alviano Dava Raharjo alias Vino. Bocah berusia 10 tahun itu harus kehilangan kedua orang tuanya gara-gara Corona (COVID-19).

Alasan Pemerintah Ganti Istilah PPKM Darurat Jadi Per Level

Pemerintah menjelaskan alasan mengganti istilah PPKM Darurat menjadi PPKM dengan level tertentu. Pergantian itu disebut mengikuti arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). "Terkait dengan level memang kita mengikuti apa yang diarahkan oleh WHO dan kita menggunakan dua level yaitu level transmisi dan kapasitas respons," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021).

Popular categories

Recent comments