PBB: ISIS Tingkatkan Serangan ke Warga Sipil Suriah Saat Pandemi Corona

-

Damaskus

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding kelompok militan ISIS dan petempur lainnya di Suriah meningkatkan serangannya terhadap warga sipil saat pandemi Corona. PBB menuding ISIS dan yang lainnya justru memanfaatkan situasi di tengah pandemi.

Seperti dilansir AFP, Jumat (8/5/2020) Kepala Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet Jumat menuduh kelompok ISIS dan faksi lainnya di Suriah mengambil keuntungan dari pandemi COVID-19. Mereka disebut meningkatkan serangan terhadap warga sipil.

“Berbagai pihak dalam konflik di Suriah, termasuk ISIL (ISIS), tampaknya memandang fokus global pada pandemi COVID-19 sebagai kesempatan untuk berkumpul kembali dan menciptakan kekerasan pada penduduk,” kata Michelle Bachelet dalam sebuah pernyataannya, Jumat (8/5).

Dia menjelaskan, bahwa situasi yang buruk ini akan menjadi bom waktu. “Situasi yang memburuk adalah bom waktu yang tak bisa diabaikan,” imbuhnya.

Kantor HAM PBB mengatakan telah mendokumentasikan setidaknya 35 kematian warga sipil pada bulan April karena serangan yang melibatkan bahan peledak improvisasi (IED), dibandingkan dengan tujuh bulan sebelumnya.

Sejak awal Maret, dikatakan ada 33 serangan IED, termasuk 26 serangan di lingkungan permukiman, sementara tujuh serangan lainnya terjadi di pasar.

Kantor hak asasi manusia mengatakan bahwa hampir semua serangan IED yang tercatat telah terjadi di bagian utara dan timur negara itu di bawah kendali angkatan bersenjata Turki dan sekutu mereka, atau Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi.

“Jika pola pelanggaran dan kekerasan saat ini terus menyebar dan meningkat, ada risiko negara akan memasuki lingkaran kekerasan ekstrem dan meluas yang dilakukan dengan impunitas oleh semua pihak dalam konflik,” kata Michelle memperingatkan.

Share this article

Recent posts

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Raja Malaysia Tolak Tetapkan Keadaan Darurat, PM Muhyiddin Didesak Mundur

PM Malaysia, Muhyiddin Yassin, menghadapi seruan mundur setelah Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah, menolak permintaannya untuk menetapkan keadaan darurat.

Meninggal di Usia 38 Tahun, Ini Sosok Pangeran Brunei Abdul Azim

Pangeran Brunei Abdul Azim meninggal di usia 38 tahun. Seperti apa sosoknya?

Popular categories

Recent comments