Palestina Perpanjang Masa Darurat Corona Hingga 5 Juni

-

Ramallah

Otoritas Palestina mengumumkan perpanjangan masa darurat terkait pandemi virus Corona (COVID-19) hingga 5 Juni mendatang. Masa darurat ini diberlakukan di area-area Tepi Barat yang ada di bawah kekuasaan otoritas Palestina.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (5/5/2020), perpanjangan masa darurat ini diumumkan oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, seperti dilaporkan kantor berita Palestina, Wafa News Agency, pada Selasa (5/5) waktu setempat.

Masa darurat yang mulai diberlakukan dua bulan lalu ini sama saja dengan lockdown yang mewajibkan warga Palestina untuk tetap di rumah, kecuali untuk urusan penting. Perlintasan perbatasan dengan Israel dan Yordania juga ditutup selama masa darurat.

Pembatasan-pembatasan ketat yang diberlakukan otoritas Palestina itu mulai dilonggarkan sejak bulan lalu. Sejumlah pusat bisnis diperbolehkan buka kembali dengan harapan bisa membangkitkan perekonomian Palestina yang lumpuh.

Pada Minggu (3/5) waktu setempat, pemerintahan Presiden Abbas mengizinkan puluhan ribu buruh Palestina kembali bekerja di Israel. Meski mulai ada pelonggaran, masjid-masjid dan institusi pendidikan masih tutup. Otoritas Palestina juga masih melarang perkumpulan massa.

Sejauh ini, otoritas Palestina melaporkan total 345 kasus virus Corona dengan dua kematian di Tepi Barat, yang menjadi tempat tinggal 3 juta warga Palestina.

Di Jalur Gaza, wilayah Palestina yang dikuasai Hamas — rival Presiden Abbas, dilaporkan ada 17 kasus virus Corona. Hamas diketahui menutup sementara masjid-masjid dan sekolah di Gaza, serta melarang perkumpulan massa dalam jumlah besar. Namun Hamas bersikeras menyatakan lockdown total tidak diperlukan.

Wilayah Tepi Barat dan Gaza diketahui berjarak 40 kilometer dan dipisahkan oleh Israel.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Sopir Injak Pedal Gas Saat Parkir, Minubus di Makassar Terjun Bebas ke Kanal

Sebuah minibus yang dikemudikan Ramli (65) di Kota Makassar terjun bebas ke dalam sebuah kanal. Sebab, Ramli lalai dengan menginjak pedal gas saat mobilnya tengah terparkir. "Diduga Pengemudi roda empat pada saat parkir dan menghidupkan mesin tidak sengaja menginjak gas dalam posisi masuk persneling," kata Kapala Bagian Ops, KBO Sat Lalulintas Polrestabes Makassar, AKP Emy…

Bupati Apresiasi Bantuan Pertamina untuk Korban Longsor Sumedang

Pascabencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan sembako dan logistik lainnya yang akan dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang.

Sapa yang Kehilangan Uang Bermain Lotre?

Apakah Anda percaya kalau pemenang lotere seluruhnya kaya atau hanya ada sedikit pemenang? Jika Anda tidak berpikir demikian, informasi berikut dapat merapikan...

Memengaruhi Dengan Cacing – Teknik Memancing Cacing palolo Hidup Sungai Menggelitik

Faktanya, sekitar 15 juta orang Kanada memainkan game tersebut secara rutin. Tetapi, kali ini saya akan sangat husus dan menggunakan tiruan dari...

4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Popular categories

Recent comments