Palestina Perpanjang Masa Darurat Corona Hingga 5 Juni

-

Ramallah

Otoritas Palestina mengumumkan perpanjangan masa darurat terkait pandemi virus Corona (COVID-19) hingga 5 Juni mendatang. Masa darurat ini diberlakukan di area-area Tepi Barat yang ada di bawah kekuasaan otoritas Palestina.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (5/5/2020), perpanjangan masa darurat ini diumumkan oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, seperti dilaporkan kantor berita Palestina, Wafa News Agency, pada Selasa (5/5) waktu setempat.

Masa darurat yang mulai diberlakukan dua bulan lalu ini sama saja dengan lockdown yang mewajibkan warga Palestina untuk tetap di rumah, kecuali untuk urusan penting. Perlintasan perbatasan dengan Israel dan Yordania juga ditutup selama masa darurat.

Pembatasan-pembatasan ketat yang diberlakukan otoritas Palestina itu mulai dilonggarkan sejak bulan lalu. Sejumlah pusat bisnis diperbolehkan buka kembali dengan harapan bisa membangkitkan perekonomian Palestina yang lumpuh.

Pada Minggu (3/5) waktu setempat, pemerintahan Presiden Abbas mengizinkan puluhan ribu buruh Palestina kembali bekerja di Israel. Meski mulai ada pelonggaran, masjid-masjid dan institusi pendidikan masih tutup. Otoritas Palestina juga masih melarang perkumpulan massa.

Sejauh ini, otoritas Palestina melaporkan total 345 kasus virus Corona dengan dua kematian di Tepi Barat, yang menjadi tempat tinggal 3 juta warga Palestina.

Di Jalur Gaza, wilayah Palestina yang dikuasai Hamas — rival Presiden Abbas, dilaporkan ada 17 kasus virus Corona. Hamas diketahui menutup sementara masjid-masjid dan sekolah di Gaza, serta melarang perkumpulan massa dalam jumlah besar. Namun Hamas bersikeras menyatakan lockdown total tidak diperlukan.

Wilayah Tepi Barat dan Gaza diketahui berjarak 40 kilometer dan dipisahkan oleh Israel.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Corona Gratis untuk Semua Warga AS

Capes AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan vaksin virus Corona akan digratiskan untuk seluruh warga jika dirinya terpilih jadi Presiden AS.

Jelang Pilpres, Peretas Rusia Serang Jaringan Pemerintah AS

Para peretas yang disponsori Rusia dilaporkan berupaya menyusup ke dalam jaringan komputer pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal di AS.

Demi Dicoret dari Daftar Sponsor Teroris, Sudan Transfer Rp 4,9 T ke AS

Pembayaran kompensasi US$ 335 juta (Rp 4,9 triliun) merupakan bagian dari kesepakatan dengan AS agar Sudan dihapus dari daftar sponsor terorisme.

Guru Prancis Dipenggal, Macron Desak Putin Tingkatkan Kerjasama Antiteror

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meningkatkan kerja sama guna memerangi terorisme dan imigran ilegal.

Penumpang Wajib Tes Corona di Bandara Sebelum Terbang Keluar Inggris

Para penumpang akan menjalani tes virus Corona (COVID-19) selama satu jam di bandara sebelum bisa terbang keluar dari Inggris.

Popular categories

Recent comments