WHO: Korut Sudah Periksa 709 Orang, Tapi Tak Ada Kasus Positif Corona

-

Pyongyang

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan bahwa Korea Utara (Korut) telah melakukan 700 pemeriksaan virus Corona (COVID-19) sejauh ini. Menurut WHO, Korut juga telah mengkarantina lebih dari 500 orang hingga 2 April lalu.

Namun sejauh ini, menurut WHO, Korut belum melaporkan adanya kasus virus Corona yang terkonfirmasi di wilayahnya. Demikian seperti disampaikan WHO dalam pernyataan kepada CNN, Kamis (9/4/2020).

Padahal diketahui bahwa Korut berbagi perbatasan dengan dua negara yang memiliki jumlah kasus terbanyak di Asia, yakni China dan Korea Selatan (Korsel).

“Hingga 2 April, 709 orang — 11 warga negara asing dan 698 warganya (Korut-red) — telah menjalani tes (virus Corona). Tidak ada laporan kasus (positif),” sebut Dr Edwin Salvador selaku Perwakilan WHO untuk Republik Demokratik Korea (DPRK) — nama resmi Korut, dalam pernyataan via email kepada CNN.

“Ada 509 orang dalam karantina — dua warga negara asing dan 507 warganya,” imbuhnya.

Disebutkan juga oleh Salvador bahwa WHO selama ini menerima informasi ‘perkembangan terbaru mingguan’ dari Kementerian Kesehatan Korut. Salvador menyatakan bahwa otoritas Korut memiliki kemampuan untuk melakukan pemeriksaan virus Corona di laboratorium nasional miliknya.

“Sejak 31 Desember, 24.842 orang telah dibebaskan dari karantina, termasuk juga 380 warga negara asing,” ucap Salvador.

Secara terpisah, Komandan Pasukan AS di Korea, US Forces Korea (USFK), Jenderal Robert Abrams, menuturkan kepada CNN pada 2 April lalu bahwa berdasarkan intelijen militer, klaim tidak adanya kasus virus Corona di Korut merupakan ‘klaim mustahil’.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Orde Lotere dan Program Visa Keberagaman

Lotre adalah jenis betting yang melibatkan penarikan nomor tertentu dengan acak untuk kado tertentu. Sementara penuh pemerintah melegalkan lotere, beberapa masih mematahkan...

Cara Bermain Singapore Lotto

Lotre bukan hanya untuk kesenangan & permainan: ini merupakan salah satu wujud perjudian tertua pada dunia, setidaknya sejak abad ke-12. Pada Singapura,...

TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Cara Membeli Tiket Lotere Secara Efektif

Oleh sebab itu Anda ingin menyidik undian Lotere Negara setempat? Mudah. Ikuti saja langkah-langkah itu. Pertama, buat Acara Anda, lalu kontak Eksekutif...

Secercah Harapan dari Embung Grigak bagi Petani Gunung Kidul

Seorang petani di Pantai Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta, Wasiman, memandang lahan padi yang ia garap. Setiap bertani, ia selalu menyelipkan doa agar tanaman yang ia garap tumbuh subur. Sebagai petani yang mengandalkan perairan dari air hujan, Wasiman memang tak bisa menanam sepanjang tahun. Jadi, setiap kali bisa menanam, ia berharap agar lahannya bisa panen besar.

Popular categories

Recent comments