Laboratorium AS Ciptakan Alat Tes Virus Corona 5 Menit

-

Pokerrepublik –

Laboratorium yang berbasis di Amerika Serikat telah menciptakan sebuah alat tes portabel yang bisa menunjukkan apakah seseorang terinfeksi virus corona dalam waktu 5 menit.

Perusahaan kesehatan Abbott Laboratories yang menaungi lab tersebut, menyatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memberikan izin darurat untuk mulai menyediakan alat tes tersebut pada para penyedia layanan kesehatan paling cepat minggu depan.

Alat tes portabel tersebut berukuran seperti pemanggang roti (toaster) kecil dan menggunakan teknologi molekuler. Alat tes ini juga bisa menunjukkan hasil negatif dalam waktu 13 menit.

“Pandemi COVID-19 akan dilawan di berbagai bidang, dan uji molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini,” kata pemimpin Abbott, Robert Ford seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (28/3/2020).

Ford mengatakan bahwa dengan ukuran alat tes yang kecil ini maka alat ini bisa mudah dibawa ke zona-zona merah wabah virus corona.

Ford menambahkan, Abbott kini tengah bekerja sama dengan FDA untuk mengirimkan alat ini ke tempat-tempat yang menjadi pusat virus corona.

Dalam pernyataannya, Abbott Laboratories menyatakan bahwa untuk saat ini, alat tes tersebut belum mendapat izin atau persetujuan penuh dari FDA, namun baru diizinkan untuk penggunaan darurat oleh laboratorium-laboratorium dan penyedia layanan kesehatan yang disetujui.

Geser China, AS Jadi Pusat Pandemi Virus Corona COVID-19:

(ita/ita)

Share this article

Recent posts

Kata Erdogan ke Yunani Usai Gempa: Solidaritas Lebih Berharga dari Banyak Hal

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyampaikan belasungkawa kepada Yunani setelah gempa Magnitudo (M) 7 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Bela Mahathir Soal Cuitan Kontroversial, Najib: Dia Tak Bermaksud Begitu

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak membela sesama mantan PM, Mahathir Mohamad atas cuitan kontroversialnya yang dihapus Twitter.

Jet Tempur Taiwan Jatuh ke Laut, Pilot Tewas

Seorang pilot Taiwan tewas setelah jet tempurnya jatuh di lepas pantai timur pulau itu saat latihan rutin.

Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

Lebih dari 70 juta warga AS telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pilpres tahun ini.

Bom Meledak di Madrasah Pakistan, 7 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Sebuah bom meledak di dalam kelas di sebuah madrasah di Pakistan. Tujuh orang, termasuk anak-anak, tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Popular categories

Recent comments